Nulisku Android Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7 5G

Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7 5G

Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7 5G

Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7 5G – Pertama kali iQOO memasuki pasar Indonesia adalah melalui peluncuran ponsel flagship iQOO 11 5G pada Desember 2022. Setelah itu, iQOO terus mengembangkan portofolio produknya dengan meluncurkan dua ponsel baru, yaitu iQOO Z7 dan iQOO Z7x pada bulan April 2023.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7 5G

Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7 5G

Kelebihan iQOO Z7 5G

Ponsel yang akan dibahas dalam artikel ini adalah iQOO Z7 5G. Ponsel ini menarik perhatian karena menggunakan System on Chip (SoC) Snapdragon 782G, mengindikasikan bahwa iQOO Z7 5G menawarkan performa yang baik, mengikuti jejak chipset populer Snapdragon 778G.

Meskipun dikenal karena kinerjanya, iQOO Z7 5G tidak hanya menonjolkan aspek performa. Ponsel ini memiliki sejumlah fitur menarik, termasuk desain belakang dengan permukaan matte yang terinspirasi dari vivo X70 Pro, layar berkualitas tinggi berbasis panel IPS LCD, speaker stereo, dan berbagai pilihan refresh rate untuk layar.

Desain belakang dengan permukaan matte memberikan kesan bersih dan tahan sidik jari pada iQOO Z7 5G, dengan tambahan sisi lengkung yang meningkatkan kenyamanan saat digenggam. Layarnya, meskipun bukan panel OLED, menawarkan resolusi Full HD+ dengan refresh rate 120 Hz, memberikan visual yang mulus dan responsif.

Warna layar iQOO Z7 5G, meski tidak sepekat OLED, dianggap baik dengan dukungan Widevine L1 untuk pemutaran konten streaming. Desain layar yang mengadopsi punch hole dan dukungan gamut warna DCI-P3 menjadi daya tarik tambahan.

Pada sisi audio, speaker stereo iQOO Z7 5G, terletak di bagian bawah dan menyatu dengan earpiece, meningkatkan pengalaman saat menonton video dan bermain game. Meskipun layarnya bukan OLED, keputusan iQOO untuk fokus pada aspek lain seperti kualitas warna, refresh rate, dan fitur tambahan membuat iQOO Z7 5G menarik bagi konsumen yang mencari ponsel kelas menengah yang komprehensif.

3. Performa Gaming yang Mengesankan

Prestasi gaming iQOO Z7 5G mendapat sorotan, didukung oleh System on Chip (SoC) Snapdragon 782G dari Qualcomm, yang memiliki desain mirip dengan Snapdragon 778G. Namun, terdapat peningkatan clockspeed CPU, khususnya pada inti super Kryo 670 Prime yang naik menjadi 2,7 GHz dari sebelumnya 2,4 GHz pada Snapdragon 778G.

Meskipun clockspeed CPU inti lainnya tetap sama, peningkatan ini membawa dampak positif pada kinerja. Dengan RAM 8 GB atau opsi RAM 12 GB, iQOO Z7 5G menunjukkan kinerja lancar sehari-hari, memberikan pengalaman multitasking yang handal.

Ketika digunakan untuk gaming, iQOO Z7 5G mampu menghadapi game berat seperti Genshin Impact dengan baik, bahkan pada setelan grafis tertinggi. Dukungan sistem termal yang baik dengan pendinginan 10 lapis membuktikan kemampuan iQOO Z7 5G menjaga suhu, dengan penurunan hingga 15 derajat Celsius pada CPU.

Selain itu, pengalaman gaming semakin menarik berkat sensor giroskop fisik dan penggunaan motor getar linier sumbu X, menawarkan getaran yang akurat dan respons cepat. Skor benchmark iQOO Z7 di AnTuTu 9 berada di sekitar 570 ribu, sedangkan di GeekBench 5 mencapai sekitar 870 pada skenario single-core dan 2900 pada skenario multi-core.

4. Kemampuan Kamera Utama Bagus

iQOO Z7 5G membawa kamera utama 64 MP dengan bukaan f/1.79, dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS). Kualitas tangkapan kamera ini mendapat pujian karena menghasilkan foto tajam dengan warna yang natural, serta memiliki kemampuan low light yang kompetitif.

Perekaman video juga memukau, terutama dengan fitur OIS dan EIS yang dapat bekerja bersamaan. Kamera utama ini juga didampingi oleh sensor kedalaman 2 MP untuk membantu efek bokeh. Sementara itu, kamera depan 16 MP dapat merekam video hingga resolusi 1080p 30 fps.

Para reviewer mencatat bahwa kamera utama iQOO Z7 5G mampu menghasilkan video stabil di berbagai resolusi, termasuk 1080p 30 fps, 1080p 60 fps, dan 4K 30 fps. Kualitas suara rekaman juga dianggap lumayan berkat dua mikrofon.

5. Daya Tahan Baterai Luar Biasa, Ngecasnya Cepat

Baterai iQOO Z7 5G dengan kapasitas 5000 mAh menawarkan daya tahan yang luar biasa, seperti yang diklaim oleh iQOO. Pengujian dari Jagat Review menunjukkan bahwa ponsel ini dapat bertahan lebih dari 24 jam untuk pemutaran video lokal 1080p, kategori daya tahan yang jarang dicapai oleh ponsel dengan kapasitas baterai serupa.

Kecepatan pengisian daya juga menjadi keunggulan, dengan dukungan fast charging 120W yang mampu mengisi daya dari 1% hingga 100% dalam waktu 28-34 menit. Selain itu, iQOO Z7 5G mendukung pengisian balik lewat kabel dengan daya hingga 7,5W.

6. Ada NFC, Audio Jack, dan Infrared

Konektivitas iQOO Z7 5G mencakup jaringan seluler 5G, WiFi 6, dan Bluetooth 5.2. Keberadaan NFC multifungsi menjadi nilai tambah, tidak hanya untuk transaksi non-tunai, tetapi juga dapat digunakan untuk mengemulasi kartu akses. Keberadaan Infrared di ponsel ini memungkinkannya menggantikan fungsi remote untuk perangkat elektronik seperti televisi dan AC.

Kejutan lainnya adalah kehadiran audio jack 3,5 mm, suatu fitur yang semakin jarang ditemui di ponsel kelas menengah dan atas. Audio jack ini memberikan solusi bagi pengguna yang ingin kualitas suara lebih baik dengan headset kabel yang memiliki latensi rendah, sangat penting untuk gamer yang menghindari keterlambatan suara saat berkomunikasi.

7. Dukungan Software 3 Tahun

iQOO Z7 5G mengoperasikan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka Funtouch OS 13, menyajikan kebaruan sistem operasi yang menjadi nilai positif, terutama di segmen harga 4 jutaan. Perlu dicatat bahwa masih ada ponsel dengan harga serupa yang masih menggunakan Android 12. iQOO memberikan jaminan dukungan software selama tiga tahun, termasuk dua peningkatan versi Android dan pembaruan keamanan hingga tahun ketiga, memastikan ponsel ini tetap relevan hingga tahun 2026.

8. Paket Penjualan Lengkap

Pembelian iQOO Z7 5G disertai dengan berbagai aksesori, termasuk charger 120W, kabel USB C, SIM ejector, soft case, dan screen protector yang sudah terpasang di layar. Keberadaan aksesori ini membuat paket penjualan iQOO Z7 5G terbilang lengkap, tidak memerlukan pengeluaran tambahan untuk aksesori penting. Meskipun demikian, pengguna mungkin perlu membeli headset dan mungkin mengganti screen protector dengan tempered glass untuk perlindungan layar yang lebih baik.

Kekurangan iQOO Z7 5G

1. Bodi Lumayan Berat

Meskipun desain iQOO Z7 5G dirancang untuk kenyamanan genggam dengan sisi lengkung pada penutup belakang, bobotnya yang mencapai 201,5 gram mungkin terasa cukup berat, terutama bagi mereka yang terbiasa dengan ponsel yang lebih ringan. Selain itu, perlu dicatat bahwa ponsel ini tidak memiliki sertifikasi ketahanan seperti IP54, sehingga tidak dijamin untuk tahan terhadap debu atau percikan air.

2. Kamera Depan Kurang Sip, Tidak Ada Kamera Ultrawide

Kamera depan 16 MP iQOO Z7 5G memberikan hasil yang baik untuk foto, tetapi kualitasnya jauh berbeda saat merekam video. Kamera ini tidak dapat merekam video dengan frame rate 60 fps dan tidak memiliki fitur stabilisasi, menyebabkan video kurang mulus. Selain itu, perlu dicatat bahwa iQOO Z7 5G tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide atau kamera telefoto, yang dapat dianggap sebagai trade-off untuk menjaga harga ponsel tetap terjangkau.

3. Tak Punya Slot microSD

iQOO Z7 5G tidak menyediakan slot microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan, yang menjadi pertimbangan penting, terutama bagi mereka yang memilih varian 8/128 GB. Pengguna disarankan untuk mempertimbangkan varian 12/256 GB jika memori internal 128 GB dirasa tidak cukup. Hal ini menjadi faktor khusus bagi pengguna yang suka menyimpan banyak foto, video, aplikasi, dan game.

Simpulan

iQOO Z7 5G, dengan harga Rp4.299.000 untuk varian 8/128 GB dan Rp4.899.000 untuk varian 8/256 GB, menawarkan berbagai fitur yang memuaskan. Diskon sebesar Rp200 ribu tersedia untuk pre-order pada periode 3-9 April 2023.

Ponsel ini cocok bagi gamer dengan anggaran terbatas yang ingin merasakan pengalaman gaming lancar. Dengan layar IPS yang berkualitas, speaker stereo, dan daya tahan baterai yang baik, iQOO Z7 5G juga memenuhi kebutuhan fotografi dan pembuatan konten video.

Meskipun demikian, ponsel ini mungkin tidak sesuai untuk mereka yang menginginkan ponsel yang lebih ringkas, dan kehadiran kamera ultrawide yang absen dapat dianggap sebagai trade-off untuk menjaga harga tetap terjangkau. Melihat secara keseluruhan, iQOO Z7 5G memberikan persaingan yang sengit di segmen ponsel 4 jutaan di Indonesia.

11 Likes

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nulisku We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications