Nulisku Android Kelebihan dan Kekurangan Vivo V27e:

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V27e:

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V27e

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V27e – Trio smartphone merek vivo V27 Series diluncurkan di pasar global pada Maret 2023. Anggota dari seri ini terdiri dari vivo V27 Pro, vivo V27, dan vivo V27e. Dalam artikel ini, Carisinyal akan fokus membahas vivo V27e, model paling dasar dalam vivo V27 Series.

Kehadiran vivo V27e dimaksudkan untuk menggantikan pendahulunya yang dirilis pada September 2022, vivo V25e. vivo nampaknya menargetkan perangkat ini untuk mereka yang tidak terlalu memprioritaskan konektivitas 5G. Ya, dukungan jaringan seluler ponsel ini hanya sampai 4G.

Meskipun begitu, vivo V27e memiliki beberapa aspek menarik yang dapat menarik minat calon konsumen. Sebagai contoh, dalam hal desain, kemampuan multimedia, dan kinerja yang andal.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan iQOO Z7 5G

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V27e

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V27e

Kelebihan Vivo V27e

Beberapa keunggulan vivo V27e di bawah ini mencakup semua aspek yang ditekankan. Sebagian dari kelebihan itu menjadi poin penjualan utama dari ponsel tersebut. Berikut penjelasannya.

Desain yang Lebih Tertata dan Modern

vivo V27e mempertahankan pola datar pada rangka dan penutup belakang seperti vivo V25e. Namun, penempatan kamera belakang ponsel ini terlihat lebih teratur. Jika sebelumnya di vivo V25e lensa kamera tersebar di sisi kiri dan kanan, sekarang semua lensa kamera belakang vivo V27e berada di satu sisi saja.

Desain vivo V27e juga terlihat lebih modern karena model layarnya berubah menjadi punch hole. Ponsel ini sebelumnya, yaitu vivo V25e, vivo V23e, dan vivo V21e, selalu menggunakan layar dengan lubang kamera seperti tetesan air.

Kelebihan lain dari desain ponsel ini adalah ketebalan dan ringannya. Memang, ketebalan vivo V27e hanya 7,7 mm dengan berat 185 gram. Bentuk yang tipis dan ringan memberikan pengalaman menggenggam ponsel ini yang menyenangkan.

vivo V27e juga sudah memiliki sertifikasi IP54. Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa ponsel ini tahan terhadap debu dan percikan air. Sertifikasi IP54 memberikan ketenangan kepada pengguna bahkan jika ponsel ini terkena tetesan air hujan.

vivo V27e tersedia dalam dua pilihan warna: Glory Black dan Lavender Purple. Warna terakhir terlihat lebih menarik karena mampu menampilkan pola mirip bulu burung merak ketika dilihat dari sudut tertentu.

Layar yang Lebih Luas

vivo memperbesar ukuran layar AMOLED vivo V27e menjadi 6,62 inci. Layar ponsel ini lebih lebar dibandingkan dengan pendahulunya yang hanya 6,44 inci. Layar vivo V27e memiliki resolusi Full HD+ (1080 x 2400) dan mendukung refresh rate 120 Hz.

Tidak ada masalah dengan kualitas tampilan dari layar vivo V27e. Warna yang cerah khas layar AMOLED, ketajaman yang tinggi karena resolusi yang tinggi, dan visibilitasnya dalam kondisi outdoor tetap terjaga.

Vivo mengklaim bahwa tingkat kecerahan layar ponsel ini dapat mencapai 1300 nit. Oleh karena itu, tampilannya tetap jelas bahkan di luar ruangan. Sertifikasi Widevine L1 tentu ada, menandakan bahwa vivo V27e dapat menampilkan film di platform bioskop online dengan kualitas tertinggi.

Layar vivo V27e juga sudah lolos sertifikasi dari SGS eyecare. Ini berarti emisi cahaya biru yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan mata sudah dikurangi hingga batas aman. Layar ponsel ini juga mendukung sensor pemindai sidik jari bertipe optik.

Vivo tidak menyebutkan apakah layar vivo V27e sudah dilapisi dengan kaca pelindung atau tidak. Namun, vivo menyertakan pelindung layar dalam paket penjualan ponsel ini. Jadi, tidak perlu bingung, pelindung layar sudah terpasang sejak ponsel ini masih berada di dalam kotaknya.

Baca juga: Harga Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G

Performa Tetap Stabil

Vivo V27e masih mengandalkan System on Chip (SoC) MediaTek Helio G99, sebagaimana halnya vivo V25e. Memang, tidak ada peningkatan yang terlihat. Namun, Helio G99 merupakan SoC 4G yang cukup handal. Terlebih lagi, vivo melengkapi ponsel ini dengan RAM 8 GB dan 12 GB (versi global) untuk mendukung kinerja SoC tersebut.

Jika kita lihat sekilas tentang Helio G99, terdapat delapan inti prosesor di dalamnya. Dua inti Cortex A76 (2,2 GHz) dan enam inti Cortex A55 (2,2 GHz) masing-masing. SoC ini juga mencakup GPU Mali-G57 MC2 (1100 MHz). Prosesor, GPU, dan berbagai komponen lainnya dipadukan melalui proses fabrikasi 6 nm.

Menurut informasi dari kanal YouTube Taeku, performa harian dari HP vivo V27e berjalan lancar. Dengan kata lain, tidak ada hambatan ketika melakukan navigasi, membuka dan menutup aplikasi, browsing, dan sebagainya.

Untuk aktivitas multi-tasking, ponsel ini juga berjalan dengan lancar tanpa masalah, berkat RAM yang besar. Pengguna tidak perlu mengaktifkan fitur penambah RAM (Extended RAM) yang disediakan oleh vivo untuk ponsel ini. Fitur tersebut dapat meningkatkan kapasitas RAM secara virtual hingga 8 GB.

Bagaimana performanya saat digunakan untuk bermain game? Dalam uji coba yang dilakukan oleh kanal YouTube PwedetecH, vivo V27e mampu menjalankan Mobile Legends dengan lancar pada pengaturan grafik “High” dan refresh rate “High”. Dengan kata lain, ponsel ini dapat menjalankan game tersebut pada frame rate 60 fps secara stabil.

Namun sayangnya, opsi refresh rate “Ultra” pada pengaturan Mobile Legends belum dapat diakses. Akibatnya, vivo V27e belum dapat sepenuhnya memanfaatkan keunggulan refresh rate 120 Hz pada layarnya. Menggunakan Helio G99, ponsel ini juga berpotensi mampu menjalankan game yang lebih berat seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact.

Berita baik untuk penggemar PUBG Mobile, vivo V27e dilengkapi dengan sensor giroskop fisik. Ini berarti, Anda dapat mengarahkan karakter dan mengincar sasaran hanya dengan menggoyangkan tubuh ponsel.

Memori Besar, Tersedia Slot microSD

Vivo V27e tersedia dalam tiga varian memori, yaitu 8/128 GB, 8/256 GB, dan 12/256 GB. Varian dengan memori internal 256 GB memberikan keamanan ekstra bagi pengguna dalam menyimpan berbagai aplikasi dan file tanpa kekhawatiran kehabisan ruang penyimpanan. Bagi yang memilih varian 128 GB, masih dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan melalui slot microSD. Vivo V27e dilengkapi dengan dua slot SIM hybrid di dalamnya.

Ketika hanya satu kartu SIM yang digunakan, slot lain dapat dimanfaatkan untuk memasang kartu microSD. Ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan file media seperti foto, musik, dan video ke microSD, sementara memori internal dapat dioptimalkan untuk aplikasi dan game.

Kamera yang Andal

Konfigurasi kamera vivo V27e mirip dengan pendahulunya. Terdapat kamera utama 64 MP (f/1.8) dengan Optical Image Stabilization (OIS), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan sensor kedalaman 2 MP (f/2.4). Di bagian depan, terdapat kamera selfie 32 MP (f/2.0). Perbedaan yang mencolok terletak pada adanya lampu flash berbentuk lingkaran di bagian belakang, yang disebut oleh vivo sebagai Aura Light. Lampu flash ini diklaim dapat meningkatkan kualitas foto potret, terutama dalam kondisi malam hari.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh beberapa kanal YouTube, seperti G Four Gadget, Taeku, dan KLGadgetTV, Aura Light pada vivo V27e terbukti efektif meningkatkan kualitas foto potret malam hari. Hasilnya tidak hanya lebih terang, tetapi juga memperjelas perbedaan antara objek utama dan latar belakang.

Aura Light juga meningkatkan kualitas foto malam hari tanpa menggunakan mode potret. Kualitas foto low light dari kamera utama vivo V27e terbukti lebih baik dibandingkan dengan banyak ponsel kelas menengah dalam kisaran harga yang serupa. Ketajaman dan kejernihan warna juga meningkat berkat kehadiran lampu flash ini. Untuk kondisi pencahayaan normal, kamera utama dan kamera depan mampu menjalankan tugasnya dengan baik, meskipun kamera makro dengan resolusi 2 MP mungkin kurang memuaskan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Daya Tahan Baterai yang Optimal

Vivo meningkatkan kapasitas baterai vivo V27e menjadi 4600 mAh dari sebelumnya 4500 mAh pada vivo V25e. Selain peningkatan kapasitas, teknologi pengisian baterai juga mengalami lonjakan, dengan dukungan pengisian 66W dibandingkan dengan 44W pada vivo V25e.

Menurut uji coba oleh Jagat Review, vivo V25e dapat bertahan hingga 20 jam dalam skenario pemutaran video lokal. Dengan penggunaan SoC Helio G99 yang sama, kemungkinan besar vivo V27e akan mencapai ketahanan yang serupa. Vivo V27e menawarkan daya baterai yang mencukupi untuk penggunaan sehari penuh, dan vivo mengklaim bahwa pengisian baterai dari 1% hingga 50% hanya membutuhkan waktu 19 menit. Untuk pengisian penuh, waktu yang dibutuhkan kurang dari 1 jam.

Paket Penjualan Lengkap, Dilengkapi dengan NFC

Paket penjualan vivo V27e masih menyertakan berbagai aksesori penting. Vivo V27e dilengkapi dengan fitur Near Field Communication (NFC), yang merupakan nilai tambah untuk pengguna dalam melakukan berbagai transaksi nirkabel dan interaksi perangkat.

Paket penjualan untuk vivo V27e masih tergolong lengkap. Bagi unit yang dijual di Indonesia, beragam aksesori termasuk SIM ejector, softcase, screen protector, kabel USB C, dan kepala charger disertakan. Unit yang dijual di Indonesia memiliki keistimewaan tambahan berupa fitur NFC multifungsi. Unit ini serupa dengan yang dipasarkan di Malaysia, Kazakhstan, Uzbekistan, Rusia, Afrika Selatan, dan Ukraina. Namun, di luar negara-negara tersebut, vivo V27e tidak dilengkapi dengan fitur NFC. Fitur NFC multifungsi tidak hanya berguna untuk transaksi nontunai, tetapi juga dapat mengemulasi kartu akses seperti yang digunakan di lift hotel atau apartemen.

Kekurangan pada vivo V27e

Meskipun vivo V27e menarik perhatian, beberapa catatan perlu diperhatikan sebelum memberikan penilaian. Beberapa poin di bawah ini mungkin cukup krusial bagi pengguna:

Absennya Kamera Ultrawide

Vivo V27e tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide, sejalan dengan vivo V25e. Hal ini tampaknya menjadi tren untuk ponsel kelas menengah dengan harga terjangkau, mungkin sebagai upaya untuk menjaga harga produk tetap bersaing. Keputusan ini wajar mengingat margin keuntungan yang tipis pada ponsel kelas menengah dengan harga terjangkau, terutama mengingat krisis kelangkaan dan kenaikan harga komponen yang berlanjut hingga tahun 2023.

Kendala pada Perekaman Video

System on Chip (SoC) Helio G99 pada vivo V27e memiliki kemampuan untuk memproses video hingga resolusi 2K 30fps. Namun, vivo memilih untuk membatasi opsi ini, sehingga resolusi maksimum perekaman video kamera depan dan belakang terbatas pada 1080p (Full HD). Meskipun ada opsi merekam video 1080p pada 60 fps untuk kamera utama, opsi ini tidak tersedia untuk kamera depan. Pilihan ini mungkin mempengaruhi mereka yang suka melakukan vlogging. Selain itu, ketika frame rate 60 fps dipilih, fitur penstabilan video (OIS+EIS) tidak dapat digunakan. Pengguna harus memilih antara video stabil pada 1080p 30 fps atau video dengan gerakan mulus pada 60 fps dengan efek “gempa bumi”. Pengguna dapat menggunakan alat tambahan seperti tongsis untuk menjaga stabilitas rekaman video 60 fps.

Speaker Mono yang Tetap

Vivo V27e tetap menggunakan speaker tunggal seperti pada vivo V25e, tanpa peningkatan dari segi audio. Meskipun speaker tunggal tidak berarti output suaranya lemah, namun untuk pengalaman menonton video dan bermain game, suaranya kurang menggigit. Speaker mono tidak dapat menyajikan dinamika suara yang memadai untuk menciptakan atmosfer yang lebih hidup. Vivo belum memasukkan speaker stereo dalam seri vivo V2xe, yang berarti sejak vivo V21e, semua speaker pada seri ini tetap mono.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan POCO X6 Pro 5G

Simpulan

Vivo mengklaim bahwa vivo V27e dirancang khusus untuk influencer. Pernyataan ini didasarkan pada dua aspek utama, yaitu desain dan kamera. Kedua sektor tersebut memang menjadi daya tarik utama dari ponsel ini, terutama dengan kehadiran OIS pada kamera dan Aura Light yang dapat meningkatkan kualitas foto potret dalam kondisi malam hari.

Bagi pengguna non-influencer, vivo V27e tetap menjadi pilihan yang cocok dengan layar cerah dan tajam, kinerja yang baik, dan daya tahan baterai yang baik. Namun, kemampuan perekaman video yang kurang memuaskan mungkin menjadi pertimbangan tambahan bagi influencer yang berencana menggunakan vivo V27e. Diperlukan upaya tambahan untuk menjaga stabilitas rekaman video pada frame rate tinggi. Bagaimana pendapat Anda tentang vivo V27e?

2 Likes

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nulisku We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications