Nulisku Gadget Kelebihan dan Kekurangan POCO X6 Pro 5G

Kelebihan dan Kekurangan POCO X6 Pro 5G

Kelebihan dan Kekurangan POCO X6 Pro 5G

Kelebihan dan Kekurangan POCO X6 Pro 5G – POCO X6 Pro 5G, yang diperkenalkan pada awal Februari di pasar Indonesia sebagai model tertinggi dalam POCO X6 Series, menyajikan performa terbaik dengan chipset kelas menengah premium, Dimensity 8300 Ultra. Selain itu, HP ini menawarkan spesifikasi lengkap yang sulit diungguli oleh pesaing dalam rentang harganya.

POCO X6 Pro 5G juga menjadi HP POCO pertama yang diluncurkan dengan antarmuka HyperOS. Ada beberapa fitur lain yang membuatnya menarik sebagai penerus POCO X5 Pro 5G. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan POCO X6 Pro 5G yang dapat Anda ketahui dalam tabel ringkas.

Apakah Anda ingin mendapatkan informasi lebih detail? Anda dapat menyimak pembahasannya satu per satu setelah membaca informasi spesifikasi di bawah ini. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan POCO X6 Pro 5G.

Baca juga: Samsung S24 Ultra Harga dan Spesifikasinya

Spesifikasi POCO X6 Pro 5G

Kelebihan POCO X6 Pro 5G

Kelebihan POCO X6 Pro 5G Dengan harganya yang terjangkau, POCO X6 Pro 5G menawarkan spesifikasi lengkap yang sulit ditandingi. Kualitasnya tidak hanya komprehensif tetapi juga dapat diandalkan untuk berbagai kegiatan. Berikut adalah beberapa kelebihan POCO X6 Pro 5G yang perlu Anda ketahui.

Performa Dahsyat Dimensity 8300-Ultra

Salah satu keunggulan yang ditekankan adalah performa dari Dimensity 8300-Ultra. Nama “Ultra” menandakan hasil kerja sama antara MediaTek dan Xiaomi sebagai induk merek POCO. Dibandingkan dengan pendahulunya, Dimensity 8200, chipset ini menawarkan performa 20 persen lebih tinggi dan efisiensi 30 persen lebih baik.

Dimensity 8300-Ultra, dengan fabrikasi 4 nm TSMC dan delapan inti CPU, mencakup empat core Cortex A715 dengan satu core besar (3,35 GHz) untuk performa utama dan tiga core lainnya (3,20 GHz). Terdapat juga empat core Cortex A510 (2,20 GHz) untuk efisiensi. GPU Mali G615 MC6 yang digunakan menawarkan peningkatan performa hingga 60 persen dan efisiensi daya hingga 55 persen dari generasi sebelumnya.

Performa Dahsyat Dimensity 8300-Ultra Skor Antutu X6 Pro 5g
Performa Dahsyat Dimensity 8300-Ultra Skor Antutu X6 Pro 5g

Chipset ini mendukung RAM LPDDR5x dan penyimpanan UFS 4.0. POCO X6 Pro 5G hadir dengan RAM 112 GB dan penyimpanan 512 GB tanpa slot microSD. POCO mengklaim bahwa HP ini mampu mencapai skor AnTuTu hingga 1.464.228 poin. Pengujian oleh GSMArena menunjukkan skor di bawah klaim, tetapi tetap tinggi di kelasnya.

POCO X6 Pro 5G dapat memainkan game populer dengan lancar, seperti PUBG Mobile, Genshin Impact, COD Mobile, dan Honkai Impact, menawarkan pengalaman gaming powerful pada harga yang terjangkau. Antarmuka HyperOS, yang menjadi ciri uniknya, memberikan tampilan yang sederhana dan menarik.

Tampilan dan Personalisasi

Selain itu, antarmuka pada layar kunci dan layar utama dapat disesuaikan dengan lebih mudah. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan agar lebih nyaman dan sesuai dengan preferensi masing-masing.

Fitur HyperOS

Fitur jendela mengambang yang dimiliki oleh HyperOS sekarang lebih mudah diatur dan digunakan. HyperOS menawarkan berbagai fitur baru, termasuk galeri, kamera, privasi, dan Game Turbo. Produk asli memberikan beragam fitur yang lebih banyak.

Kualitas Layar AMOLED

POCO X6 Pro 5G memiliki layar AMOLED kelas atas dengan ukuran 6,67 inci dan bezel tipis. Rasio layar ke bodi mencapai 90,1 persen. Layarnya dapat menghasilkan lebih dari 68 miliar warna, dilengkapi dengan HDR10+ dan Dolby Vision. Kecerahan layar mencapai 1800 nit, dengan resolusi 1,5K (1220 x 2712 piksel), didukung oleh teknologi CrystalRes Display. POCO X6 Pro 5G memiliki refresh rate hingga 120 Hz dan touch sampling rate 2160 Hz.

Refresh Rate dan Touch Sampling Rate

Meskipun refresh rate POCO X6 Pro 5G dapat diatur otomatis, tetapi tetap memungkinkan akses ke 120 Hz dalam keadaan tertentu. Touch sampling rate-nya sangat tinggi, yaitu 2160 Hz, dengan 16x super resolution touch control untuk respons sentuhan yang lebih cepat. Terdapat fitur eye-friendly display untuk kenyamanan mata.

Kamera Lengkap dan Berkualitas

Kamera Lengkap dan Berkualitas pada Poco X6 Pro 5G
Kamera Lengkap dan Berkualitas pada Poco X6 Pro 5G

POCO X6 Pro 5G memiliki konfigurasi kamera lengkap, termasuk kamera utama 64 MP (f/1.7) dengan PDAF dan OIS, kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Mampu merekam video hingga 4K dengan gyro-EIS. Kamera selfie 16 MP (f/2.4) mampu merekam video 1080p dengan 60 fps. Hasil pengujian menunjukkan kualitas foto yang sangat baik, terutama pada kamera utama.

Baterai dan Turbo Charging

POCO X6 Pro 5G memiliki baterai 5000 mAh dengan ketahanan yang baik. Turbo Charging 67 W memungkinkan pengisian daya penuh dalam waktu 45 menit, sesuai dengan klaim.

Desain Premium dan Build Quality

Desain POCO X6 Pro 5G tetap mempertahankan modul kamera besar sebagai ciri khas. Tersedia dalam tiga varian warna: Black, Grey, dan Yellow (eco leather). Build quality-nya dijamin dengan sertifikasi IP54, tahan debu dan percikan air. Dimensinya sedikit lebih tebal dan berat dibandingkan pendahulunya, tetapi masih nyaman digenggam.

Sensor dan Fingerprint Under Display

POCO X6 Pro 5G memiliki kelengkapan sensor yang baik, dengan sensor sidik jari di bawah layar. Sensor lain termasuk akselerometer, kompas, gyro, dan sensor proksimitas (virtual).

Konektivitas 5G dan Fitur Lengkap

POCO X6 Pro 5G memiliki konektivitas 5G, infrared, NFC, WiFi 6, Bluetooth 5.4, dan USB Type-C dengan Turbo Charging. Sensor NFC memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari. Sertifikasi IP54 membuatnya tahan terhadap debu dan percikan air.

Baca juga: 7 Kelemahan Samsung Galaxy Z Fold3

Kekurangan POCO X6 Pro 5G

Bypass Charging Tidak Tersedia:

Kelemahan yang dapat terlupakan pada POCO X6 Pro 5G adalah absennya fitur bypass charging. Meskipun memiliki performa gaming tinggi, kekurangan ini membuatnya kurang cocok sebagai HP gaming. Bypass charging memungkinkan aliran daya langsung ke mainboard tanpa melalui baterai, sehingga Anda dapat bermain game sambil mengisi daya tanpa merusak baterai.

Stabilisasi Video dan Kamera Ultrawide Terbatas:

Sektor kamera POCO X6 Pro 5G bagus, namun ada catatan untuk rekaman video. Stabilisasi video kurang optimal, terutama saat merekam menggunakan kamera utama sambil bergerak. Kamera ultrawide 8 MP hanya mampu merekam video 1080p pada 30 fps, tidak mencapai kualitas 4K.

Catatan di HyperOS

Kekurangan lain muncul dari antarmuka terbaru, HyperOS. Meski baru, antarmuka ini belum mencapai tingkat keunggulan. Adanya iklan dan bloatware masih terasa, menunjukkan kebutuhan perbaikan. Pengguna harus berhati-hati saat mengeklik untuk menghindari iklan. Fitur AoD (Always on Display) di HyperOS belum berfungsi maksimal, dengan layar hanya menyala selama 10 detik saat HP dimatikan.

Baca juga: Harga Xiaomi Redmi Note 13 Pro 5G

Kesimpulan

POCO X6 Pro 5G memiliki performa tinggi dengan chipset Dimensity 8300-Ultra dan kapasitas memori besar. Fitur Ray tracing meningkatkan realisme dalam game. Namun, absennya bypass charging adalah kekurangan yang disayangkan, mengingat potensi gaming yang tinggi. HyperOS, meskipun baru, masih memiliki iklan dan bloatware yang perlu perbaikan.

Spesifikasi lengkap, layar AMOLED, konfigurasi kamera canggih, fingerprint di bawah layar, dan Turbo Charging 67 W membuatnya menarik. Varian warna Yellow dengan bahan kulit jeruk, sertifikasi IP54, dan harga mulai dari Rp4/5 jutaan menambah daya tarik produk ini.

Apakah Anda tertarik dengan POCO X6 Pro 5G? Silakan sampaikan pendapat Anda di kolom komentar.

4 Likes

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nulisku We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications