Nulisku Ragam Shadow Banned dan Cara Mengatasinya

Shadow Banned dan Cara Mengatasinya

Shadow Banned dan Cara Mengatasinya

Shadow Banned dan Cara Mengatasinya – Shadow banning, shadow banned, shadowban, dan istilah lain beberapa waktu ini lagi viral. Hal ini karena munculnya film D*rty Vote di Youtube beberapa waktu lalu. Kemunculan film ini ternyata susah dicari di youtube, padahal baru tayang beberapa jam setelahnya. Kok bisa demikian ya? Kira-kira apa penyebabnya? Apa kira-kira film D*irty Vote kena shadow banned?

Lalu sebenarnya apa sih yang dinamakan shadow banned? Bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil paling Menguntungkan dari Rumah

Pengertian Shadow Banned

Shadow banned adalah praktik di mana seorang pengguna dilarang atau dibatasi dalam interaksi mereka di platform online tanpa pemberitahuan yang jelas. Ini biasanya dilakukan oleh platform media sosial atau forum untuk menekan perilaku yang dianggap merugikan atau melanggar kebijakan mereka, seperti spamming, penyebaran informasi palsu, atau pelanggaran hak cipta.

Namun, yang membedakan shadow banning dari jenis pembatasan lainnya adalah bahwa pengguna yang terkena dampak tidak menyadari bahwa mereka telah dibatasi atau dilarang. Berikut adalah beberapa contoh praktik shadow banning:

  1. Penurunan jangkauan postingan: Seorang pengguna mungkin tidak menyadari bahwa postingannya telah diberi penurunan prioritas dalam algoritma feed, sehingga kurang terlihat oleh pengguna lain.
  2. Penghapusan notifikasi: Platform mungkin mengurangi atau menghilangkan notifikasi tentang aktivitas pengguna tersebut, seperti like atau komentar, yang membuatnya sulit bagi mereka untuk memperoleh perhatian pengguna lain.
  3. Penurunan peringkat dalam hasil pencarian: Akun atau konten yang dianggap melanggar kebijakan platform dapat diperingkat lebih rendah dalam hasil pencarian, sehingga sulit untuk ditemukan oleh pengguna baru.
  4. Penyensoran interaksi: Platform dapat membatasi atau menghapus interaksi dengan pengguna tertentu, seperti retweet, komentar, atau reply, tanpa memberi tahu pengguna tentang tindakan tersebut.

Contoh konkret dari shadow banning bisa terjadi di platform seperti Twitter, Instagram, Reddit, dan platform media sosial lainnya. Sebagai contoh:

  • Seorang pengguna Twitter mungkin tidak menyadari bahwa tweet-tweetnya tidak muncul dalam feed pengikutnya atau dalam hasil pencarian, meskipun mereka belum menerima pemberitahuan resmi tentang pelanggaran kebijakan.
  • Seorang pengguna Instagram mungkin mengalami penurunan drastis dalam jumlah like dan komentar pada postingannya tanpa alasan yang jelas, karena postingannya tidak dilihat oleh pengikutnya atau muncul dalam eksplorasi pengguna lain.
  • Seorang pengguna Reddit mungkin menemukan bahwa komentar-komentarnya tidak mendapatkan upvote atau respon, atau bahkan tidak muncul sama sekali di thread, tanpa adanya pemberitahuan tentang pelanggaran komunitas.

Penyebab Shadow Banned

Penyebab shadow banning dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan algoritma platform tertentu. Namun, ada beberapa penyebab umum yang mungkin menyebabkan seseorang dikenakan shadow ban:

  1. Pelanggaran Kebijakan: Pelanggaran terhadap kebijakan platform, seperti posting konten yang melanggar hak cipta, menyebarkan informasi palsu atau berbahaya, atau melakukan perilaku yang dianggap sebagai pelecehan atau penindasan, dapat menyebabkan seseorang dikenakan shadow ban.
  2. Spamming atau Penyalahgunaan: Penggunaan platform untuk spam atau melakukan penyalahgunaan, seperti mengirimkan banyak pesan berulang-ulang, mengikuti dan meng-unfollow secara agresif, atau menggunakan bot untuk meningkatkan jangkauan atau interaksi, dapat memicu shadow ban.
  3. Aktivitas Mencurigakan: Aktivitas yang dianggap mencurigakan oleh algoritma platform, seperti penggunaan kata kunci tertentu secara berlebihan, atau interaksi yang tidak wajar dengan akun-akun lain, juga dapat menyebabkan seseorang dikenakan shadow ban.
  4. Kehilangan Kepercayaan: Jika pengguna kehilangan kepercayaan dari pengguna lain atau platform itu sendiri, misalnya karena sering melaporkan atau memblokir pengguna lain, ini juga bisa menjadi alasan untuk shadow ban.
  5. Manipulasi Metrik: Upaya untuk memanipulasi metrik tertentu, seperti jumlah pengikut, retweet, atau like, dengan cara-cara yang tidak sah, bisa menyebabkan platform memperlakukan akun tersebut dengan tindakan seperti shadow banning.
  6. Pelanggaran Hak Cipta: Berbagi konten yang dilindungi hak cipta tanpa izin atau memposting konten yang telah dilaporkan sebagai pelanggaran hak cipta dapat menyebabkan seseorang dikenakan shadow ban.
  7. Kesalahan Algoritma: Terkadang, shadow banning bisa terjadi karena kesalahan atau kegagalan algoritma platform, yang membuat akun atau konten tertentu tidak sengaja dimasukkan ke dalam daftar yang dikenakan shadow ban.

Penting untuk diingat bahwa kebijakan dan algoritma platform dapat berubah dari waktu ke waktu, dan apa yang dianggap sebagai pelanggaran atau aktivitas mencurigakan oleh platform bisa bervariasi. Oleh karena itu, penting untuk memahami dan mematuhi pedoman serta kebijakan platform yang berlaku untuk menghindari terkena shadow ban.

Baca juga: Teknik Mendapatkan Backlink yang Berbahaya Bagi Blog Anda

Platform yang Bisa Terkena Shadow Banned

Shadow banning bisa terjadi di berbagai platform online yang memiliki mekanisme untuk mengatur visibilitas konten dan interaksi pengguna. Beberapa platform yang mungkin mengalami kasus shadow banning antara lain:

  1. Media Sosial: Platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan TikTok dapat menerapkan shadow banning untuk mengendalikan konten yang melanggar kebijakan atau dianggap mencurigakan oleh algoritma mereka.
  2. Forum Online: Forum online seperti Reddit, Quora, dan Stack Exchange juga memiliki kemungkinan untuk menerapkan shadow banning terhadap pengguna yang melanggar aturan atau berperilaku tidak pantas dalam komunitas mereka.
  3. Platform Berbagi Video: Situs-situs berbagi video seperti YouTube, Twitch, dan Vimeo juga dapat menerapkan shadow banning terhadap konten yang melanggar hak cipta atau kebijakan platform.
  4. Aplikasi Pesan: Aplikasi pesan seperti WhatsApp, Telegram, dan LINE juga bisa menggunakan shadow banning untuk menghentikan penyebaran pesan spam atau informasi palsu.
  5. Platform E-commerce: Platform e-commerce seperti eBay, Amazon, dan Etsy mungkin menerapkan shadow banning terhadap penjual atau produk yang melanggar kebijakan atau memiliki performa yang buruk.
  6. Blog dan Situs Berita: Meskipun tidak seumum di platform lain, blog dan situs berita juga bisa menerapkan shadow banning terhadap komentar atau pengguna yang melanggar aturan komunitas mereka.
  7. Platform Permainan Online: Platform permainan online seperti Steam, PlayStation Network, dan Xbox Live juga dapat menerapkan shadow banning terhadap pengguna yang melanggar aturan atau melakukan kecurangan dalam permainan.

Perlu diingat bahwa kebijakan dan praktik shadow banning dapat bervariasi antara platform, dan beberapa platform mungkin tidak menggunakan shadow banning sama sekali. Namun, bagi platform yang memiliki mekanisme untuk mengendalikan interaksi dan konten pengguna, kemungkinan terjadinya shadow banning selalu ada.

Dampak Negatif Shadow Banned

Shadow banned dapat memiliki dampak negatif yang signifikan bagi pengguna yang terkena dampaknya. Beberapa dampak negatif tersebut antara lain:

  1. Penurunan Jangkauan dan Visibilitas: Salah satu dampak paling jelas dari shadow banning adalah penurunan drastis dalam jangkauan dan visibilitas konten pengguna. Konten yang diposting mungkin tidak lagi muncul di feed atau hasil pencarian pengguna lain, menyebabkan penurunan interaksi dan pertumbuhan yang signifikan.
  2. Menurunnya Interaksi dan Pertumbuhan: Dengan penurunan visibilitas konten, interaksi seperti like, komentar, dan bagikan juga akan menurun secara signifikan. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan akun dan membuat pengguna merasa frustrasi karena kurangnya respons dari audiens mereka.
  3. Penurunan Reputasi: Ketika pengguna mulai menyadari bahwa konten atau akun seseorang tidak lagi aktif atau tidak terlihat di platform, ini dapat merusak reputasi online mereka. Pengguna lain mungkin mulai menganggap akun tersebut kurang relevan atau bahkan diabaikan sepenuhnya.
  4. Kerusakan Hubungan dan Jaringan: Bagi pengguna yang bergantung pada platform online untuk membangun jaringan dan hubungan, shadow banning dapat menyebabkan kerusakan serius pada hubungan yang sudah ada dan mencegah mereka untuk membangun koneksi baru dengan orang lain di platform tersebut.
  5. Kehilangan Oportunis Bisnis: Bagi pengguna yang menggunakan platform untuk keperluan bisnis atau pemasaran, shadow banning dapat menyebabkan penurunan drastis dalam penjualan atau keterlibatan konsumen. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan bagi bisnis mereka.
  6. Frustrasi dan Ketidakadilan: Mungkin yang paling merugikan secara emosional adalah perasaan frustrasi dan ketidakadilan yang dirasakan oleh pengguna yang telah dikenakan shadow ban. Mereka mungkin merasa bahwa mereka telah dihukum tanpa alasan yang jelas atau kesempatan untuk membela diri.
  7. Kehilangan Motivasi dan Kepercayaan: Akibat dari dampak negatif yang disebabkan oleh shadow banning, pengguna dapat kehilangan motivasi untuk tetap aktif di platform tersebut dan kehilangan kepercayaan pada sistem atau algoritma yang mengendalikannya.

Dengan demikian, dampak negatif shadow banning bukan hanya terbatas pada penurunan interaksi atau visibilitas, tetapi juga bisa berdampak secara emosional dan finansial bagi pengguna yang terkena dampaknya. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi masalah shadow banning dengan cepat dan mencari solusi untuk memulihkan visibilitas dan reputasi online yang terpengaruh.

Cara Mengatasi Shadow Banned

  1. Pantau Aktivitas Anda: Perhatikan apakah ada penurunan tiba-tiba dalam interaksi atau visibilitas konten Anda. Jika Anda menduga bahwa Anda mungkin telah disensor secara diam-diam, maka mulailah mencari tanda-tanda seperti ini.
  2. Periksa Pedoman dan Kebijakan Platform: Pastikan bahwa konten Anda mematuhi pedoman dan kebijakan platform. Terkadang, konten yang melanggar aturan platform dapat menjadi alasan bagi mereka untuk memberlakukan shadow banning.
  3. Hubungi Dukungan Pelanggan: Jika Anda yakin bahwa Anda telah menjadi korban shadow banning tanpa alasan yang jelas, hubungi tim dukungan pelanggan platform tersebut. Sampaikan keluhan Anda dengan sopan dan jelaskan situasi Anda. Beberapa platform mungkin menyediakan mekanisme untuk mengajukan banding atau mengklarifikasi situasi Anda.
  4. Periksa dan Perbarui Profil Anda: Kadang-kadang, shadow banning bisa terjadi karena informasi profil yang tidak lengkap atau tidak akurat. Periksa apakah profil Anda sudah lengkap dan akurat, termasuk foto profil, bio, dan informasi lainnya.
  5. Jaga Kualitas Konten: Pastikan konten yang Anda bagikan memiliki nilai tambah dan relevan bagi audiens Anda. Konten berkualitas lebih mungkin mendapatkan respon dan interaksi yang lebih baik, dan kurang mungkin menjadi target shadow banning.
  6. Konsultasikan dengan Komunitas: Bicarakan dengan pengguna lain di komunitas yang sama apakah mereka juga mengalami masalah yang serupa. Ini dapat membantu Anda mengetahui apakah shadow banning adalah masalah yang lebih umum di komunitas tersebut atau jika ini hanya terjadi pada akun Anda secara individu.
  7. Perbarui Metode Interaksi: Jika Anda mencurigai bahwa aktivitas tertentu seperti penggunaan hashtag tertentu atau jenis interaksi tertentu dapat menjadi penyebab shadow banning, coba modifikasi metode interaksi Anda untuk melihat apakah ada perubahan.

Ingatlah bahwa setiap platform memiliki kebijakan dan prosedur yang berbeda dalam menangani masalah seperti shadow banning, jadi penting untuk membaca dan memahami pedoman yang berlaku. Selalu ingat untuk berperilaku dengan etika dan menghormati aturan platform untuk meminimalkan risiko terkena shadow banning.

3 Likes

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nulisku We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications