Nulisku Gadget Fungsi NFC yang Jarang Diketahui

Fungsi NFC yang Jarang Diketahui

Fungsi NFC pada HP yang Jarang Diketahui

Fungsi NFC pada HP yang Jarang Diketahui – NFC (Near Field Communication) adalah teknologi komunikasi nirkabel jarak dekat yang memungkinkan perangkat elektronik berinteraksi satu sama lain dalam jarak yang sangat pendek, biasanya sekitar 4 cm atau kurang. Teknologi ini memungkinkan pertukaran data antara perangkat yang kompatibel hanya dengan mendekatkannya satu sama lain.

Baca juga: 7 HP Gaming Snapdragon Termurah di 2024

Fungsi NFC yang Jarang Diketahui

Setelah mengetahui cara mengaktifkan fitur NFC pada smartphone, mari kita bahas apa yang membuat NFC istimewa. Apa saja fungsi NFC pada smartphone? Apakah NFC hanya digunakan untuk memeriksa saldo e-toll dan mengirimkan data?

Jawabannya jelas tidak. NFC memiliki banyak fungsi yang penting. Sayangnya, banyak pengguna yang tidak mengetahui semua fungsi NFC ini. Banyak pengguna yang kurang paham dan tidak memaksimalkan penggunaan NFC. Oleh karena itu, berikut dijelaskan berbagai fungsi NFC yang mungkin belum diketahui semua orang.

Transfer Data

Transfer data adalah fungsi dasar dari setiap jenis konektivitas, termasuk NFC. Pada awalnya, NFC dikenal karena kemampuannya dalam mentransfer kontak atau nomor telepon. Alih-alih menulis dan menyimpan nomor telepon satu per satu, Anda cukup menempelkan dua ponsel yang memiliki fitur NFC.

Dengan sekali sentuhan, nomor telepon akan langsung dikirim dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Selain kontak, file lain seperti foto, URL atau tautan, dokumen, dan lokasi juga dapat dikirim melalui NFC, baik antar ponsel atau ke perangkat lain seperti laptop. Namun, kecepatan transfer NFC cukup lambat. Oleh karena itu, pastikan ukuran file yang ingin dikirim tidak terlalu besar.

Pada ponsel Android, pengiriman file melalui NFC dulunya dilakukan dengan fitur Android Beam. Namun, setelah peluncuran Android 10, fitur ini digantikan oleh Nearby Share, yang serupa dengan AirDrop milik Apple.

Memeriksa dan Mengisi Saldo Uang Elektronik

NFC semakin banyak digunakan di Indonesia berkat kebijakan transaksi non-tunai di gerbang tol. Sebab itu, setiap pengendara yang ingin melewati jalan tol harus memiliki kartu e-money.

Kartu e-money ini dapat diisi ulang di berbagai gerai atau melalui ATM. Namun, jika HP Anda memiliki fitur NFC, Anda bisa mengisi saldo kartu e-money langsung dari HP Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengecek saldo e-money Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot mencari tempat untuk mengisi atau mengecek saldo e-money.

Sebagian besar ATM kini mendukung fungsi untuk mengecek dan mengisi saldo kartu e-money. Namun, fungsi ini juga dapat dilakukan oleh ponsel yang memiliki NFC. Dengan demikian, Anda bisa mengecek dan mengisi saldo kartu e-money kapan saja dan di mana saja.

Melakukan Pembayaran

Berbelanja di pusat perbelanjaan menjadi lebih praktis dengan kartu debit. Anda tidak perlu lagi mengantri di ATM untuk mengambil uang tunai sesuai anggaran belanja. Akan tetapi, lebih praktis lagi jika kartu debit Anda terhubung langsung ke smartphone.

Kemudahan ini dapat diwujudkan dengan teknologi NFC. Cukup tempelkan smartphone ke perangkat pembayaran NFC di pusat perbelanjaan, dan transaksi selesai. Beberapa produsen menawarkan pembayaran melalui ponsel dengan aplikasi pendukung seperti Samsung Pay dari Samsung dan Apple Pay untuk iPhone. Kedua aplikasi ini juga bisa terhubung ke akun dompet digital.

Emulasi Kartu Akses

Hotel dan apartemen modern sekarang menggunakan kartu akses sebagai pengganti kunci tradisional. Kartu akses ini bisa digunakan untuk membuka pintu atau menggunakan lift. Ternyata, data dalam kartu akses ini dapat dipindahkan ke smartphone yang memiliki fitur NFC.

Proses ini disebut emulasi. Dengan demikian, ponsel Anda dapat digunakan untuk membuka pintu hotel atau apartemen, serta saat menggunakan lift. Keberadaan fitur emulasi ini membuat beberapa produsen menyebut ponsel mereka memiliki NFC multifungsi.

Autentikasi Jaringan WiFi

Banyak kali, saat hendak menghubungkan ponsel ke jaringan WiFi baru, Anda diminta untuk memasukkan kata sandi. Ini merupakan langkah yang wajar karena kata sandi digunakan sebagai bentuk perlindungan bagi akses WiFi.

Namun, beberapa lokasi umum seperti hotel kini menggunakan alat bernama WiFi Porter agar pengunjung tak perlu lagi memasukkan kata sandi. Alat ini menyimpan kata sandi yang dapat dibaca oleh ponsel melalui teknologi NFC. Pengunjung hanya perlu mendekatkan ponsel ke WiFi Porter, dan secara otomatis ponsel akan terhubung ke jaringan WiFi.

Mengoperasikan Aplikasi di Ponsel Lain atau Perangkat Lain

Melalui NFC, ponsel tidak hanya mampu merekomendasikan aplikasi, tetapi juga dapat menjalankan aplikasi yang terinstal di ponsel lain yang memiliki aplikasi serupa. Ketersediaan ini dimanfaatkan oleh sejumlah produsen teknologi untuk menciptakan konektivitas antar-perangkat multiplatform.

Produsen seperti Huawei mempergunakan NFC untuk menyambungkan laptop dan smartphone dengan lancar. Laptop tidak hanya mampu menjalankan aplikasi yang terdapat di ponsel, tetapi juga dapat membuka dan menyalin data, serta merespons pesan dan melakukan panggilan.

Ini adalah gambaran tentang pengaktifan NFC pada HP dan manfaatnya. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin memahami lebih lanjut tentang NFC di HP atau smartphone.

    5 Likes

    Author: admin

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Nulisku We would like to show you notifications for the latest news and updates.
    Dismiss
    Allow Notifications