Nulisku Internet Cara Aman Memakai WiFi Publik dari Pencurian Data

Cara Aman Memakai WiFi Publik dari Pencurian Data

Cara Aman Memakai WiFi Publik dari Pencurian Data

Cara Aman Memakai WiFi Publik dari Pencurian Data – Bagaimana cara melindungi laptop saat sedang memakai Wi-Fi publik? Siapa sih yang tidak suka yang gratisan, termasuk koneksi wifi gratis? Pasti kamu juga suka.

Saat ini, di berbagai tempat seakan-akan sudah terdapat jaringan koneksi internet. Di warteg, swalayan, pasar, bahkan tempat nongkrong saja lengkap dengan koneksi jaringan internet melalui wifi gratis.

Namun ironinya, banyak sekali orang abai akan keamanan jaringan wifi gratis tersebut. Padahal, di dalam fitur koneksi internet wifi gratis tersebut, menyimpan banyak celah keamanan laptop Anda, terlebih data diri yang tersambung dengan akun perbankan Anda. Salah perhitungan, bisa-bisa dampak celah keamanan terbobol bisa mengarah pada habisnya tabungan Anda.

Nah, dalam artikel ini ada beberapa saran yang bisa kamu lakukan, agar setiap menggunakan fasilitas jaringan internet wifi gratis tersebut tetap aman bagi kerahasiaan data laptop Anda.

Baca juga: 5 Cara Membuka Smartphone Android karena Terkunci Lupa Password dengan Mudah

Cara Aman Memakai WiFi Publik dari Pencurian Data

Untuk orang awam (tanpa langkah tambahan yang mungkin ruwet) mungkin bisa dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Kunjungi website dengan proteksi HTTPS
  2. Gunakan Antivirus yang baik
  3. Pastikan OS Updated sehingga celah keamanan seperti yang digunakan WannaCry telah tertambal
  4. Menghindari transaksi keuangan seperti Internet Banking
  5. Menghindari login pada akun-akun penting untuk menghindari kemungkinan dibajak.
  6. Jika ini laptop pribadi, mungkin mode “Remember Me” dapat menghindarkan kita melakukan login dengan menginputkan password sehingga terhindar dari kemungkinan disadap.
  7. Pantau lingkungan sekitar, apakah terdapat pengunjung yang menggunakan Adapter Wifi di laptop mereka, terutama yang memiliki Antena eksternal.

Baca juga: Awas Penipuan Online Via Email dan WhatsApp. Ini Bentuk dan Modusnya!

Tips agar aman dari pencurian data digital

Berikut ini ada beberapa tips lain cara aman dari pencurian digital yang kerap kali terjadi dan marak sekarang ini:

  1. Jangan memakai wifi publik yang mencurigakan
  2. Lakukan enckripsi USB/storage Anda dengan benar
  3. Lakukan sistem kontrol apa saja yang terkoneksi dengan desktop Anda
  4. Selalu intens memerika keamanan perangkat desktop Anda
  5. Silakan hidupkan firewall
  6. Selalu update Antivirus yang Anda gunakan saat ini, misalkan menggunakan serial number Smadav Pro selamanya
  7. Jangan aktifkan mode enable share data secara terus menerus
  8. Hindari mengaktifkan wifi secara otomatis (matikan wifi saat tidak digunakan). Artinya, nyalakan wifi secara manual menjadi pilihan terbaik bagi Anda
  9. Selalu hati-hati melakukan transaksi online saat terkoneksi wifi publik tanpa menggunakan VPN
  10. Kenali nama wifi yang terkadang hanya samaran saja

Baca juga: Internet Android dan PC Anda Lemot dan Lelet? Ini Solusinya!

Tips Menggunakan Wifi Umum

Menggunakan WiFi gratis di tempat umum dapat sangat nyaman, tetapi juga perlu diingat bahwa ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk menjaga keamanan dan privasi Anda saat terhubung. Berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Periksa Keabsahan Jaringan: Pastikan Anda terhubung ke jaringan WiFi resmi yang disediakan oleh tempat umum tersebut. Hindari terhubung ke jaringan yang memiliki nama yang aneh atau tidak dikenal.

2. Gunakan VPN: Menggunakan layanan VPN (Virtual Private Network) akan membantu melindungi privasi Anda dengan mengenkripsi data yang Anda kirim dan terima. Ini juga dapat membantu Anda menghindari ancaman keamanan saat terhubung ke jaringan WiFi publik.

3. Aktifkan Firewall: Pastikan firewall perangkat Anda diaktifkan. Ini akan membantu melindungi Anda dari serangan yang mungkin terjadi melalui jaringan WiFi.

4. Nonaktifkan Berbagi File: Pastikan berbagi file dan berbagi printer dinonaktifkan saat terhubung ke jaringan WiFi publik. Ini akan membantu mencegah akses tidak sah ke perangkat Anda.

5. Hindari Transaksi Keuangan Sensitif: Cobalah untuk menghindari melakukan transaksi keuangan yang sensitif, seperti perbankan online atau belanja daring, saat terhubung ke jaringan WiFi publik.

6. Perhatikan Pengaturan Berbagi: Jika Anda memiliki opsi berbagi pengaturan (sharing settings), pastikan Anda mengatur berbagi hanya kepada orang-orang yang Anda percayai.

7. Matikan Koneksi Otomatis: Nonaktifkan opsi koneksi otomatis ke jaringan WiFi terbuka yang pernah Anda gunakan sebelumnya. Ini akan mencegah perangkat Anda terhubung tanpa izin saat Anda berada di dekatnya.

8. Perhatikan Situs Web yang Anda Kunjungi: Hindari mengakses situs web yang mengandung informasi sensitif saat terhubung ke jaringan WiFi publik.

9. Log Out dari Akun: Setelah selesai menggunakan layanan atau akun yang memerlukan masuk, pastikan Anda log out sepenuhnya dari akun tersebut.

10. Perbarui Perangkat: Pastikan perangkat Anda diperbarui dengan versi terbaru dari sistem operasi dan aplikasi yang Anda gunakan. Pembaruan ini seringkali mengandung perbaikan keamanan.

Ingatlah bahwa walaupun Anda mengambil langkah-langkah keamanan, jaringan WiFi publik masih memiliki risiko. Jika Anda perlu melakukan aktivitas yang memerlukan keamanan yang lebih tinggi, sebaiknya gunakan jaringan seluler atau koneksi pribadi yang aman.

Kesimpulan

Seperti yang kita fahami, saat ini kerap kali terjadi pencurian data melalui wifi publik, entah melalui pishing atau kode termux yang bisa mengambil alih akun media sosial Anda, termasuk facebook dan sosial media lainnya. Akhitnya, Google telah membuat peraturan untuk para pemilik website agar menggunakan sertivikat SSL. Website dengan proteksi SSL biasanya bercirikan dengan awalan “https” seperti halnya website ini. Hal itu menunjukkan bahwa website tersebut pada halamannya sudah di enkripsi guna meminimalisr potensi man in the middle attack atau MITM.

Itulah setidaknya beberapa cara tepat mengamankan data Anda walau tersambung menggunakan wifi publik. Semoga dengan Cara Aman Memakai WiFi Publik dari Pencurian Data bermanfaat untuk Anda sekalian. Semoga bermanfaat, salam (www.forumblogindo.com.*)

4 Likes

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nulisku We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications