Nulisku Ragam Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja – Surat lamaran kerja adalah dokumen formal yang dikirimkan oleh seorang pelamar kepada perusahaan atau organisasi yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Tujuan utama surat lamaran kerja adalah untuk mengajukan diri sebagai kandidat yang potensial untuk posisi yang sedang diiklankan dan meyakinkan pihak perekrut bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.

Surat lamaran kerja umumnya berisi informasi tentang minat Anda terhadap posisi yang ditawarkan, kualifikasi dan pengalaman kerja yang relevan, serta alasan mengapa Anda merasa cocok untuk posisi tersebut. Surat lamaran juga bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menyoroti keterampilan atau pencapaian yang tidak terlalu menonjol dalam CV Anda.

Surat lamaran kerja harus ditulis dengan bahasa yang sopan, jelas, dan profesional. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan komunikasi tertulis Anda kepada pihak perekrut. Selain itu, surat lamaran kerja harus disesuaikan dengan posisi yang Anda lamar dan perusahaan yang Anda tuju, menunjukkan pengetahuan Anda tentang perusahaan dan alasan mengapa Anda tertarik untuk bergabung.

Pada intinya, surat lamaran kerja adalah salah satu komponen penting dalam proses pencarian kerja yang membantu Anda memperkenalkan diri, menonjolkan kualifikasi Anda, dan menarik perhatian perekrut sehingga meningkatkan peluang Anda untuk dipanggil wawancara.

Baca juga: Daftar Pertanyaan Tes Wawancara Kerja, Ditanya Apa Saja?

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat surat lamaran pekerjaan

Saat membuat surat lamaran pekerjaan, penting untuk memperhatikan beberapa hal agar surat lamaran Anda mencerminkan profesionalisme dan dapat menarik perhatian perekrut. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Format yang Tepat: Pastikan surat lamaran Anda memiliki format yang jelas dan terstruktur dengan baik. Surat lamaran umumnya terdiri dari pengantar, tubuh surat, dan penutup.
  2. Penyesuaian: Sesuaikan surat lamaran dengan posisi yang Anda lamar dan perusahaan yang Anda tuju. Hindari menggunakan template yang sama untuk setiap aplikasi. Tunjukkan kepada perekrut bahwa Anda telah melakukan penelitian tentang perusahaan dan posisi tersebut.
  3. Informasi Kontak: Sertakan informasi kontak Anda di bagian atas surat, termasuk nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan alamat rumah jika diperlukan.
  4. Penyebutan Nama: Cobalah untuk menyebutkan nama orang yang tepat (jika ada) kepada siapa surat lamaran Anda ditujukan. Ini menunjukkan bahwa Anda telah melakukan penelitian dan menunjukkan minat khusus dalam posisi tersebut.
  5. Pengantar yang Menarik: Mulailah surat lamaran Anda dengan pengantar yang menarik dan menarik perhatian perekrut. Jelaskan alasan Anda tertarik dengan posisi dan perusahaan tersebut.
  6. Tunjukkan Nilai Anda: Jelaskan mengapa Anda adalah kandidat yang ideal untuk posisi tersebut. Sorotkan pengalaman, keterampilan, dan pencapaian yang relevan dengan persyaratan pekerjaan.
  7. Keterkaitan dengan Perusahaan: Jelaskan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda sesuai dengan budaya dan nilai perusahaan. Tunjukkan bahwa Anda dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan.
  8. Konten yang Relevan: Hindari mengulangi informasi yang sudah terdapat di CV Anda. Gunakan surat lamaran sebagai kesempatan untuk menjelaskan lebih lanjut tentang pengalaman dan pencapaian Anda yang paling relevan.
  9. Bahasa yang Profesional: Gunakan bahasa yang sopan, profesional, dan jelas. Hindari penggunaan bahasa yang informal atau slang.
  10. Penutup yang Kuat: Akhiri surat lamaran Anda dengan penutup yang kuat dan mengundang. Sampaikan apresiasi Anda atas kesempatan untuk melamar posisi tersebut dan tunjukkan kesiapan Anda untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya.
  11. Periksa Kembali: Pastikan untuk memeriksa kembali surat lamaran Anda untuk kesalahan tata bahasa, ejaan, dan kesalahan lainnya sebelum mengirimkannya. Anda juga dapat meminta seseorang untuk membaca ulang surat lamaran Anda untuk memberikan masukan.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat membuat surat lamaran pekerjaan yang efektif dan meningkatkan peluang Anda untuk dipertimbangkan oleh perekrut.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini adalah contoh format surat lamaran pekerjaan secara rinci:

[Alamat Anda]
[Kota, Kode Pos]
[Email Anda]
[Nomor Telepon Anda]
[Tanggal]

[Alamat Perusahaan]
[Nama Perusahaan]
[Kota, Kode Pos]

Hormat Kami,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                                : [Nama Anda]
Alamat                             : [Alamat Anda]
Nomor Telepon              : [Nomor Telepon Anda]
Email                                 : [Email Anda]

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk posisi [Nama Posisi] yang saya temukan di [Sumber Informasi Lowongan Pekerjaan]. Saya tertarik untuk bergabung dengan [Nama Perusahaan] karena saya yakin bahwa pengalaman dan keterampilan saya dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan.

Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dengan persyaratan yang diinginkan untuk posisi ini. Saya lulus dari [Nama Universitas atau Sekolah] dengan gelar [Gelar Anda] dan memiliki pengalaman kerja selama [Jumlah Tahun] tahun di bidang [Bidang Pekerjaan]. Selama karier saya, saya telah berhasil mencapai [Sebutkan Prestasi atau Kontribusi yang Signifikan], yang menunjukkan kemampuan saya dalam [Deskripsi Keterampilan atau Kompetensi yang Relevan].

Saya tertarik dengan visi dan misi perusahaan Anda, dan saya yakin bahwa dengan keterampilan dan dedikasi yang saya miliki, saya dapat berkontribusi secara positif untuk mencapai tujuan perusahaan. Saya memiliki keterampilan yang kuat dalam [Sebutkan Keterampilan yang Relevan dengan Posisi], serta kemampuan komunikasi yang baik dan kemampuan bekerja dalam tim.

Saya sangat antusias untuk memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Anda dalam wawancara dan menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan Anda. Terlampir CV saya yang berisi rincian lebih lanjut tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan referensi.

Saya siap untuk menjalani tahap seleksi selanjutnya dan berharap dapat berkontribusi dalam mengembangkan perusahaan Anda. Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran saya. Saya sangat menghargai kesempatan ini.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda (jika dikirim melalui pos)]
[Nama Anda]

Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Kepada Yth,
HRD Bapak/Ibu Personalia
PT Blemcoss
Di Jakarta

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Angga Yuda
Tempat/Tgl lahir  : Jakarta,07 april 1987
Alamat  : Cempaka Putih Rt 007/02 No 25 Jakarta Pusat,10510
No.Phone  : (021) 4812482 / 081225138938

Sehubungan dengan adanya penerimaan karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya bermaksud mengajukan surat lamaran kerja agar dapat diterima bekerja di tempat yang Bapak/Ibu pimpin sebagai [POSISI YANG DILAMAR].

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai [POSISI] selama [BERAPA TAHUN]. Saya memiliki keahlian sebagai [SEBUTKAN] dan berhasil meraih [CAPAIAN] / [PORTOFOLIO]

Sebagai bahan pertimbangan bapak/Ibu, saya melampirkan berkas-berkas sebagai berikut :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy Ijazah dan Transkrip Nilai Terakhir
  4. Foto copy Sertifikat
  5. Pas foto ukuran 3X4 (1 lembar)

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat bekerja ditempat yang Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Anggayuda

Contoh Surat Lamaran Kerja 2 di PT

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Manager Personalia
PT. Gramedia Asri Media
Jl. Cempaka Tengah No. 13
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari PT. Gramedia Asri Media, pada website Tech In Asia 21 Februari 2021. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Digital Marketing sebagai SEM Specialist di PT. Gramedia Asri Media. Adapun data diri saya sebagai berikut:

Nama : Lisza Tegaskali, SE
Tempat, Tanggal Lahir : Binjai, 25 Desember 1986
Umur  : 22 tahun
Pendidikan Terakhir : Universitas Sumatera Utara (S1)
Alamat  : Jl. Fatmawati, No. 13 Jakarta Selatan
Telepon  : 082345678910
E-mail : lztegaskali@gmail.com

Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dan lancar berbahasa Inggris secara lisan dan tertulis. Predikat lulusan di disiplin ilmu yang saya pelajari sangat memuaskan serta memiliki kemampuan copywriting yang baik. Saya terbiasa bekerja dengan target dan telah memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun sebagai SEM Specialist.

Saat ini saya bekerja sebagai staff finance di PT. Gramedia Asri Media. Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup.

2. Foto copy ijazah S1 dan transkrip nilai.

3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.

4. Pas foto terbaru.

Besar harapan Saya Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan dengan terperinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar benarnya, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Lisza Tegaskali, SE

Demikianlah contoh surat lamaran pekerjaan yang saya buat. Pastikan untuk menyesuaikannya dengan posisi yang Anda lamar dan tambahkan detail yang relevan dengan pengalaman dan keterampilan Anda. Semoga berhasil!

2 Likes

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nulisku We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications