Nulisku Android Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 Pro 5G – Pada awal tahun 2023, POCO memperkenalkan anggota baru dalam seri POCO X, yakni POCO X5 dan POCO X5 Pro, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan performa andal, daya tahan baterai, dan konfigurasi kamera yang canggih.

POCO X5 5G pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 24 Februari 2023. Saat peluncuran ini, muncul pertanyaan mengenai kehadiran resmi POCO X5 Pro 5G, yang belum dikonfirmasi oleh POCO Indonesia.

Ternyata, POCO X5 Pro 5G baru dirilis 5 bulan setelahnya, tepatnya pada 27 Juni 2023, bersamaan dengan POCO 5G. Kehadiran POCO X5 Pro 5G ini menarik perhatian, mengingat banyak yang menantikan kemunculannya.

POCO, sebagai sub-brand dari Xiaomi, selalu menitikberatkan pada nilai yang diberikan setiap produk yang dirilisnya. Spesifikasi unggul dengan harga yang bersahabat adalah ciri khasnya, seringkali mengungguli ponsel kelas atas dalam hal fitur.

Kali ini, kami akan membahas kelebihan dan kekurangan POCO X5 Pro 5G, yang merupakan varian lebih canggih dari POCO X5 biasa, berada di kelas harga menengah. Berikut adalah ringkasan poin-poin kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan.

Setelah melihat poin-poin di atas, apakah Anda segera tertarik untuk membeli POCO X5 Pro? Sebaiknya tunda dulu keputusan Anda, karena kami akan merinci poin-poin tersebut dalam artikel ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan POCO X6 Pro 5G

Spesifikasi POCO X5 Pro 5G

Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Kelebihan POCO X5 Pro 5G

Dari pemilihan chipset yang bertenaga hingga peningkatan fitur kamera dari generasi sebelumnya, hampir semua aspek di POCO X5 Pro 5G dapat dianggap sebagai yang terbaik. Berikut adalah ringkasan kelebihan ponsel ini:

Kualitas Layar Mirip HP Flagship

Layar POCO X5 Pro 5G menonjol dengan panel AMOLED yang mendukung 1 miliar warna 10-bit, memberikan pengalaman menonton yang lebih memikat. Layar juga mendukung sertifikasi HDR seperti Dolby Vision dan HDR10+, meningkatkan visual konten HDR di platform YouTube.

Resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dengan aspek rasio 20:9 dan kerapatan piksel sekitar 395 ppi memberikan tampilan yang tajam. Refresh rate 120 Hz memastikan pergerakan di layar terlihat mulus, sementara desain punch hole menambah kesan modern.

Layar POCO X5 Pro 5G juga mendukung touch sampling rate hingga 240 Hz, ideal untuk pemain gim kompetitif, dan PWM Dimming 1920 Hz untuk mengurangi flicker pada kecerahan rendah.Tingkat kecerahan hingga 500 nit dengan puncak 900 nit meningkatkan pengalaman visual, dan empat mode refresh rate yang berbeda memberikan fleksibilitas tanpa mengorbankan daya baterai.

Performa Memukau dengan Chipset Snapdragon 778G

POCO X5 Pro 5G ditenagai oleh Snapdragon 778G dengan jaringan 5G dan fabrikasi 6 nm TSMC. Chipset ini menawarkan performa gim mutakhir dengan tiga klaster yang mencakup inti prime core, klaster high performance, dan klaster hemat daya. Dukungan Adreno 642L untuk grafis menambah keandalan ponsel ini di kelas menengah.

Peningkatan Performa dengan Snapdragon 778G

Kehadiran Snapdragon 778G di POCO X5 Pro 5G menghadirkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Snapdragon 695 pada POCO X4 Pro.

Performa Tangguh Berdasarkan Pengujian

Berdasarkan uji coba GSM Arena, POCO X5 Pro 5G mencapai skor Geekbench 5 tinggi, dengan 781 poin pada single core dan 2930 poin pada multi-core. Performa tersebut setara dengan sejumlah ponsel kelas menengah seperti Samsung Galaxy A52s 5G, Samsung Galaxy A53 5G, dan realme 10 Pro.

Skor AnTuTu v9 mencapai 531.398 poin, mengungguli POCO X4 Pro sebagai generasi sebelumnya.

Sistem Pendinginan dan Stabilitas Kinerja

Perangkat ini dilengkapi dengan sistem pendinginan yang handal untuk meminimalisir throttling dan overheating, memberikan hasil memuaskan dalam uji stabilitas.

Dalam uji CPU Throttling Test oleh GSM Arena selama 60 menit, perangkat dapat mempertahankan kinerja terendah 90% dari puncak performa, menghasilkan pengalaman bermain gim tanpa panas berlebih atau penurunan performa.

Kemampuan Bermain Gim dan Kamera yang Unggul

POCO X5 Pro 5G mampu memainkan Genshin Impact pada pengaturan Medium dengan 30 FPS tanpa frame drop, menunjukkan kinerja yang memuaskan.

Dengan tiga kamera di belakang (108 MP, 8 MP, 2 MP) dan kemampuan merekam video 4K pada 30 FPS, POCO X5 Pro 5G membawa fitur kamera lengkap. Mode malamnya memberikan hasil foto terang dengan intensitas noise minimal, menunjukkan rentang dinamis yang baik.

Baterai Tahan Lama dan Pengisian Cepat

Dengan kapasitas baterai 5.000 mAh, POCO X5 Pro 5G menawarkan daya tahan yang baik. Uji PC Mark 3.0 menunjukkan skor ketahanan baterai 12 jam 15 menit, sementara endurance rating GSM Arena mencapai 113 jam. Fast charging 67 W memberikan pengisian dari 0-100% dalam waktu 50 menit.

Konektivitas Lengkap dan Desain yang Bersahaja

POCO X5 Pro 5G memiliki konektivitas lengkap termasuk port infrared, NFC, dan dukungan Wi-Fi 6. Desainnya yang sederhana tetap mempertahankan identitas POCO, dengan sertifikasi IP53 untuk tahan air.

Kualitas Audio dan Harga Menarik

Dilengkapi dengan Dolby Vision dan Dolby Atmos, POCO X5 Pro 5G memberikan pengalaman audio dan visual yang memuaskan. Konfigurasi stereo speaker memberikan suara imersif. Harga yang sangat menarik, mulai dari Rp3 jutaan, membuatnya menjadi pilihan yang menggiurkan di pasar Indonesia.

Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Walaupun memiliki berbagai fitur menarik sebagai keunggulannya, POCO X5 Pro 5G tetap memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan tersebut:

  1. Tidak Ada Slot Memori Eksternal: POCO X5 Pro 5G hadir dengan pilihan penyimpanan internal sebesar 128 GB dan 256 GB berstandar UFS 2.2. Kapasitas RAM dapat dipilih antara 6 GB dan 8 GB dengan jenis LPDDR4x. Sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal sama sekali. Keberadaan slot ini dianggap penting untuk memudahkan transfer kartu memori dari ponsel lama ke ponsel baru, menyederhanakan proses pemindahan data.
  2. Bodi Cenderung Agak Berat, Tidak Dirilis dengan Android 13: POCO X5 Pro 5G memiliki bobot bodi sebesar 181 gram, menjadikannya salah satu ponsel yang agak berat di kelasnya. Berbeda dengan pesaingnya, realme 10 Pro+, yang memiliki bobot antara 173 gram dan 175 gram. Selain itu, ponsel ini tidak diluncurkan dengan Android 13 seperti realme 10 Pro+, yang dapat menyederhanakan proses pembaruan OTA.
  3. MIUI 14 yang Lebih Ringan, tetapi Masih Ada Iklan: Dalam aspek perangkat lunaknya, POCO X5 Pro 5G menjalankan antarmuka MIUI 14 yang menawarkan peningkatan, termasuk arsitektur sistem yang diperbarui untuk alokasi daya yang lebih efisien. Meskipun ukuran firmware diklaim lebih ringan dan meminimalkan penggunaan memori, kehadiran iklan atau bloatware di POCO X5 Pro 5G tetap menjadi catatan. Meski demikian, iklan ini dapat dimaklumi mengingat harga yang cukup terjangkau untuk produk dengan spesifikasi sekelasnya.

Baca juga: Samsung S24 Ultra Harga dan Spesifikasinya

Simpulan

Melihat dari sejumlah kelebihannya, POCO X5 Pro 5G merupakan kelanjutan yang patut diapresiasi dari seri POCO X. Dengan nilai yang tinggi dalam hal harga dan kinerja yang cepat serta fitur kamera canggih, kekurangan ponsel ini relatif minim. Meskipun memiliki bobot bodi yang agak berat, absennya slot memori eksternal dapat tergantikan dengan penyimpanan internal yang luas dan dukungan fitur penyimpanan cloud.

1 Likes

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Comment

Nulisku We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications