Nulisku Pendidikan 9 Website Translate Online Terbaik

9 Website Translate Online Terbaik

9 Website Translate Online Terbaik

9 Website Translate Online Terbaik – Permintaan akan alat penerjemah, baik dalam bentuk situs web maupun aplikasi, semakin meningkat seiring dengan perkembangan komunikasi lintas bahasa. Saya akan merekomendasikan situs penerjemah yang dapat diandalkan.

Platform-platform ini menyediakan beragam fitur dan keunggulan yang berbeda, serta dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari menerjemahkan dokumen hingga merancang poster. Mari kita eksplorasi beberapa dari mereka untuk memahami kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga: Cara Aman Memakai WiFi Publik dari Pencurian Data

9 Website Translate Online Terbaik

1. MateCat

MateCat adalah salah satu platform penerjemah terkemuka yang telah saya uji. Situs ini mengandalkan teknologi komputer atau kecerdasan buatan untuk menyediakan terjemahan teks. MateCat sangat berguna bagi mereka yang perlu menerjemahkan dokumen dengan jumlah halaman yang besar.

Saya bahkan telah mencoba menggunakan MateCat untuk menerjemahkan buku panduan penggunaan perangkat elektronik. Hasil terjemahan yang diberikan MateCat tergolong cukup akurat, meskipun seringkali diperlukan penyuntingan untuk memastikan keakuratan yang lebih tinggi. Anda dapat melakukan penyuntingan langsung di situs tersebut. Setelah selesai, hasil terjemahan dapat diunduh dalam waktu singkat, baik yang telah disunting maupun yang belum.

Sebagai tips tambahan, untuk memperoleh hasil terjemahan yang lebih akurat, disarankan untuk memilih subjek atau kategori dari file atau teks yang akan diterjemahkan. MateCat menyediakan berbagai kategori, seperti fesyen, teknologi, ekonomi, dan bahkan medis, yang dapat dipilih saat mengunggah dokumen.

MateCat mendukung terjemahan antara berbagai bahasa, termasuk antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Layanan ini juga disediakan tanpa biaya dan tanpa gangguan iklan. Anda dapat mengunjungi situs MateCat untuk mencoba layanan mereka secara langsung.

2. DeepL

Sebelumnya, saya juga sudah sering memakai DeepL untuk  menerjemahkan teks hingga 5000 kata. Proses penerjemahannya singkat, tak memakan waktu lama. Selain menerjemahkan teks secara langsung, Anda dapat memakai DeepL untuk men-translate dokumen berformat ppt., docx dan juga pdf.

Saya coba juga terjemahkan file Power Point alias ppt dengan DeepL. Prosesnya cuma kurang dari 5 menit. Namun, ketika diunduh masih ada beberapa bagian teks yang tidak ter-translate di dalam file-nya. Penerjemahan dokumen ini juga cuma bisa dilakukan satu kali saja. Apalagi kalau Anda pakai layanan gratis.

Nah, perbedaan yang paling mencolok dari DeepL dan Google Translate adalah hadirnya fitur  paraphraser atau penulis ulang teks. Di DeepL, fiturnya dinamakan DeepL Write. Pas saya coba, fitur ini masih hadir dalam versi beta. Namun, hasil parafrasenya sudah baik, hampir setara dengan situs-situs parafrase terkenal lain, seperti QuillBot.

Overall, DeepL bisa jadi pilihan utama buat Anda yang membutuhkan banyak tools untuk menerjmahkan maupun menulis. Versi Pro DeepL tersedia dengan fitur yang lebih banyak lagi. Kunjungi situs DeepL untuk mencobanya, bahkan Anda tidak perlu daftar untuk sekadar coba-coba hasilnya terlebih dahulu.

3. Google Translate

Alat penerjemah ini sangat populer. Google Translate mendukung lebih dari 30 bahasa yang berbeda, dengan penerjemah teks yang mendukung lebih dari 50 bahasa. Bahkan, bahasa daerah seperti bahasa Sunda dan Jawa juga tersedia. Penerjemah teksnya mampu menangani hingga 5000 kata sekaligus.

Sama seperti DeepL, Google Translate juga mampu menerjemahkan dokumen, termasuk yang berformat docx. Saya mencoba menerjemahkan file empat halaman dengan kurang dari 1000 kata. Dalam waktu kurang dari satu menit, hasil terjemahan yang akurat langsung tersedia. Google Translate juga menyediakan fitur penerjemahan situs dan gambar.

Meskipun hasil terjemahannya bagus, seringkali diperlukan penyuntingan tambahan. Terutama jika teks yang diterjemahkan rumit atau memiliki jumlah kata yang besar.

Beruntungnya, Google Translate dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan. Di dalam Google Translate, Anda dapat menemukan sinonim, antonim, bahkan penjelasan khusus dari istilah-istilah atau kata dalam bahasa tertentu. Silakan coba langsung menggunakan Google Translate untuk mencari terjemahan yang Anda butuhkan.

4. SmartCat

SmartCat adalah alat Bantu Penerjemah Komputer (CAT) yang memfasilitasi terjemahan instan. Layanan yang ditawarkan oleh platform ini menyerupai MateCat, namun, memiliki lebih banyak fitur dan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi.

SmartCat sangat sesuai digunakan oleh para penerjemah profesional, pengajar, atau bahkan pelajar. Pengguna dapat menambahkan anggota tim ke dalam SmartCat dan membuat proyek penerjemahan dengan beberapa rekan sekaligus.

Platform SmartCat memungkinkan pengguna menerjemahkan beberapa dokumen secara bersamaan dalam berbagai bahasa. Saya telah mencoba menerjemahkan dokumen yang sama ke dalam bahasa Inggris dan Perancis.

Namun, hasil terjemahan dari dokumen tersebut perlu diperiksa kembali. Di halaman penyuntingan, tersedia beragam alat tambahan seperti tombol undo, tombol penguncian segmen terjemahan, tombol perpindahan segmen, dan tombol untuk menambahkan karakter khusus ke dalam terjemahan.

Selain itu, di halaman ini, pengguna dapat menemukan beberapa kesalahan dalam terjemahan yang dideteksi secara otomatis oleh mesin terjemahan. Ini mempercepat proses penyuntingan, meskipun kadang-kadang sistem mendeteksi kata atau kalimat yang sudah benar sebagai kesalahan terjemahan.

SmartCat juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan komentar, revisi tambahan, dan saran untuk hasil terjemahan, dengan masing-masing memiliki laman khusus yang dapat diakses secara langsung.

Satu-satunya kelemahan dari SmartCat adalah bahwa layanannya tidak sepenuhnya gratis. Pengguna mendapatkan sekitar 15.000 koin saat mendaftar. Untuk satu dokumen terjemahan dengan dua ribu kata, diperlukan sekitar 75 koin. Jumlah koin yang diperlukan untuk setiap dokumen biasanya dibagikan sesuai dengan jumlah anggota tim. Jika Anda tertarik dengan SmartCat, silakan kunjungi situs web mereka untuk mencoba layanannya.

5. QuillBot

QuillBot dikenal sebagai salah satu alat menulis yang paling lengkap dengan berbagai fitur. Salah satu fitur utamanya adalah kemampuan untuk menerjemahkan teks.

Meskipun tidak banyak fitur yang ditawarkan, QuillBot memiliki deteksi bahasa otomatis dan fitur terjemahan audio. Namun, yang membedakannya adalah penggunaan teknologi kecerdasan buatan dalam QuillBot Translator. Hasil terjemahannya juga cukup akurat, sebanding dengan DeepL dan Google Translate.

Saat saya mencobanya, beberapa terjemahan dalam bahasa tertentu masih dalam tahap beta. Namun, sebagian besar hasilnya sudah memuaskan, terutama dalam terjemahan ke dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, jika Anda membutuhkan alat pengecekan tata bahasa atau plagiarisme, QuillBot juga menyediakannya. Anda dapat mengaksesnya langsung dari laman yang sama. Namun, tidak semua fitur unggulannya tersedia secara gratis. QuillBot Premium diperlukan untuk mengakses fitur-fitur unggulan tersebut.

6. Sider.ai Translator

Salah satu translator ini memanfaatkan sejumlah teknologi kecerdasan buatan, termasuk ChatGPT. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan fitur chat untuk melakukan terjemahan. Saya mencoba menerjemahkan tiga kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dengan bantuan ChatGPT 3.5 di Sider.ai dan hasilnya sangat baik.

Ya, selain ChatGPT, terdapat beberapa teknologi kecerdasan buatan lainnya, seperti Claude Haiku dan Gemini Pro dari Google. Namun, hasil terbaik diperoleh dari ChatGPT 3.5.

Tidak hanya dapat melakukan terjemahan melalui obrolan, ada juga fitur terjemahan teks langsung dengan antarmuka yang mirip dengan Google Translate. Namun, dukungan untuk beberapa bahasa tertentu masih belum tersedia.

Layanan gratis di Sider.ai dapat digunakan hingga 30 kali. Situs penerjemah ini menyediakan layanannya melalui ekstensi Google Chrome. Selain itu, situs ini juga menyediakan alat untuk menulis dengan dukungan kecerdasan buatan. Anda dapat menggunakan alat ini untuk menulis blog, esai, atau paragraf sederhana. Apakah Anda tertarik untuk mencoba Sider.ai Translator?

7. Cambridge Dictionary Translator

Kamus digital Cambridge, sebuah nama yang mungkin sudah familiar bagi mahasiswa sastra dan bahasa Inggris. Selain menyediakan kamus, Cambridge Dictionary juga memiliki layanan penerjemah daring yang dapat diakses secara gratis.

Antarmukanya mirip dengan Google Translate dengan tampilan yang sederhana, tanpa banyak tombol atau fitur yang rumit. Anda dapat menerjemahkan satu atau dua dari banyak bahasa yang tersedia di Cambridge Dictionary Translator, termasuk Bahasa Indonesia.

Seperti yang terlihat pada gambar, hasil terjemahannya cukup memuaskan, bukan? Namun, sayangnya, Cambridge Dictionary Translator tidak menyediakan fitur audio dan dibatasi hingga 1000 kata saja.

Meskipun demikian, Cambridge Dictionary Translator bisa menjadi alternatif jika Anda membutuhkan situs penerjemah yang mudah digunakan dan dapat menerjemahkan teks dengan cepat. Anda bisa mengunjungi Cambridge Dictionary Translator untuk mencobanya.

8. Canva

Canva, sebuah platform yang dikenal luas di berbagai kalangan, terutama di kalangan desainer grafis. Situs ini sangat membantu dalam pembuatan poster dan desain file presentasi PowerPoint. Hal yang menarik, Canva dilengkapi dengan fitur penerjemah untuk desain poster dan slide PowerPoint.

Saya mencoba membuat desain sederhana dengan teks di dalamnya. Kemudian, saya menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Hasil terjemahan menggunakan Canva yang didukung oleh Google Translate ini tentu saja sudah cukup baik.

Canva menyediakan opsi untuk menerjemahkan per halaman atau halaman khusus. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menerjemahkan satu persatu. Namun, sayangnya, jumlah token untuk layanan gratisan ini terbatas hanya pada 50 buah. Jika Anda berminat, Anda dapat mempertimbangkan untuk berlangganan layanan premium Canva. Untuk mencobanya, silakan kunjungi situs Canva.

9. Yandex Translator

Browser Yandex juga menyertakan layanan terjemahan sendiri. Alat ini dapat diakses secara terpisah melalui situs resmi mereka. Yandex Translator menyajikan beragam fitur, termasuk terjemahan teks, foto, dokumen, dan situs. Secara keseluruhan, semua fitur tersebut dapat menghasilkan terjemahan yang baik, terutama dalam hal terjemahan teks dan dokumen.

Untuk terjemahan dokumen, Anda bahkan dapat membandingkan hasil terjemahan dengan dokumen aslinya. Ketepatan terjemahan gambar juga cukup baik.

Hal yang menarik, semua fitur ini dapat digunakan tanpa dikenakan biaya apapun. Anda dapat langsung mengakses situs Yandex Translator untuk mulai menggunakannya.

Dari MateCat yang cocok untuk terjemahan dokumen berhalaman banyak hingga QuillBot yang terkenal dengan fitur paraphraser-nya, serta Yandex Translator yang menawarkan beragam fitur tanpa biaya apapun, ada banyak pilihan alat penerjemah yang tersedia. Namun, keakuratan terjemahan dan kemudahan penggunaan tetap menjadi faktor kunci yang harus dipertimbangkan. Dengan banyaknya opsi yang ada, pengguna dapat memilih alat yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, baik itu untuk menerjemahkan dokumen, merancang, atau sekadar berkomunikasi lintas bahasa dalam kehidupan sehari-hari.

Manakah yang akan Anda pilih?

26 Likes

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nulisku We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications