Nulisku Biologi Soal Animalia Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya

Soal Animalia Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya

Soal Animalia Biologi Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya

Soal Animalia Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya – Animalia merupakan salah satu dari lima kingdom dalam sistem klasifikasi makhluk hidup menurut sistem klasifikasi lima kingdom yang dikemukakan oleh Robert Whittaker pada tahun 1969. Kingdom Animalia atau hewan adalah kelompok organisme yang heterotrof, artinya mereka tidak dapat membuat makanan sendiri dan harus mengonsumsi organisme lain untuk mendapatkan energi.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang kingdom Animalia:

Karakteristik Kingdom Animalia

  1. Eukariotik: Semua hewan memiliki sel eukariotik, yang berarti memiliki inti sel yang terbungkus membran dan organel-organel lain di dalamnya.
  2. Multiseluler: Hewan umumnya terdiri dari banyak sel yang bekerja bersama-sama untuk membentuk organisme yang kompleks.
  3. Heterotrof: Hewan tidak dapat membuat makanan sendiri melalui fotosintesis seperti tumbuhan. Sebaliknya, mereka harus mengonsumsi makanan organik dari sumber eksternal.
  4. Tidak memiliki dinding sel: Tidak seperti tumbuhan dan fungi, hewan tidak memiliki dinding sel. Sebaliknya, sel-sel hewan ditopang oleh jaringan ikat dan struktur lainnya.
  5. Bergerak secara aktif: Mayoritas hewan dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari makanan, pasangan, atau tempat yang lebih aman.

Klasifikasi Hewan Animalia

Kingdom Animalia dibagi menjadi beberapa tingkat klasifikasi yang lebih rendah, termasuk filum, kelas, ordo, famili, genus, dan spesies. Organisme di dalam kingdom Animalia dibagi berdasarkan ciri-ciri morfologi, fisiologi, dan genetik mereka.

  1. Filum (Phylum): Merupakan tingkat klasifikasi tertinggi di bawah kingdom Animalia. Contohnya termasuk Filum Chordata (misalnya manusia, ikan, burung), Filum Arthropoda (misalnya serangga, laba-laba, kepiting), Filum Mollusca (misalnya keong, gurita), dan lain-lain.
  2. Kelas (Class): Setiap filum terbagi menjadi beberapa kelas berdasarkan karakteristik tertentu. Misalnya, kelas Mammalia (mamalia), kelas Insecta (serangga), kelas Aves (burung).
  3. Ordo (Order): Setiap kelas dibagi menjadi beberapa ordo. Misalnya, ordo Primata (primata) di kelas Mammalia.
  4. Famili (Family): Setiap ordo dibagi menjadi beberapa famili. Misalnya, famili Hominidae (hominid) di ordo Primata.
  5. Genus: Setiap famili terdiri dari beberapa genus. Misalnya, genus Homo yang mencakup manusia modern dan nenek moyang manusia.
  6. Spesies (Species): Setiap genus terdiri dari satu atau lebih spesies. Misalnya, Homo sapiens (manusia modern) adalah satu spesies di dalam genus Homo.

Ragam Bentuk dan Struktur Animalia

Animalia memiliki keragaman besar dalam bentuk dan struktur tubuh mereka. Ada hewan yang memiliki tubuh simetris radial (seperti medusa), simetris bilateral (seperti manusia), atau bahkan tidak memiliki simetri tertentu (seperti spons). Selain itu, ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar), melahirkan anak (vivipar), atau mengalami metamorfosis selama siklus hidup mereka.

Peran Animalia dalam Ekosistem

Hewan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Mereka berperan sebagai predator, mangsa, dan pemangsa. Beberapa hewan juga berperan sebagai penyerbuk (misalnya lebah), pemulung (misalnya cacing tanah), dan dekomposer (misalnya bakteri dan jamur). Kehadiran hewan dalam ekosistem memengaruhi dinamika populasi dan keberlangsungan ekosistem itu sendiri.

Peran Animalia dalam Kehidupan Manusia

Hewan memiliki dampak besar pada kehidupan manusia. Mereka dimanfaatkan sebagai sumber pangan, sumber bahan baku industri (misalnya wol, sutra), hewan peliharaan, dan bahkan untuk penelitian ilmiah. Beberapa hewan juga menjadi hama bagi tanaman pertanian atau menyebabkan penyakit pada manusia, sehingga memerlukan pengendalian populasi yang tepat.

Kingdom Animalia mencakup berbagai macam organisme mulai dari hewan bersel satu hingga hewan multiseluler yang sangat kompleks. Dengan keragaman ini, hewan memainkan peran penting dalam ekosistem dan kehidupan manusia secara keseluruhan. Studi tentang kingdom Animalia membantu kita memahami keragaman kehidupan di Bumi dan bagaimana kita dapat berinteraksi dengan lingkungan secara berkelanjutan.

Baca juga: Pengertian, Penyebab, Dampak dan Solusi Pemanasan Global (Global Warming)

Soal Animalia Biologi Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya

Berikut ini adalah contoh 60 soal pilihan ganda tentang Animalia dalam bidang biologi, beserta jawaban dan pembahasannya:

  1. Hewan yang memiliki tulang belakang disebut sebagai: a. Invertebrata b. Vertebrata c. Protozoa d. Porifera Jawaban: b. Vertebrata Pembahasan: Hewan yang memiliki tulang belakang atau vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki kerangka dalam (endoskeleton) yang terdiri dari tulang belakang.
  2. Hewan yang tidak memiliki kerangka dalam disebut sebagai: a. Vertebrata b. Invertebrata c. Protozoa d. Porifera Jawaban: b. Invertebrata Pembahasan: Invertebrata adalah kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau kerangka dalam.
  3. Arthropoda merupakan kelompok hewan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali: a. Tubuh beruas-ruas b. Dilapisi oleh kulit keras (eksoskeleton) c. Bernapas dengan paru-paru d. Memiliki anggota tubuh berjumlah banyak Jawaban: c. Bernapas dengan paru-paru Pembahasan: Arthropoda bernapas dengan menggunakan insang atau trakea, bukan paru-paru.
  4. Hewan yang termasuk dalam kelompok Aves adalah: a. Buaya b. Katak c. Burung d. Ular Jawaban: c. Burung Pembahasan: Aves merupakan kelas hewan vertebrata yang terdiri dari burung.
  5. Mamalia ditandai dengan adanya ciri-ciri, kecuali: a. Memiliki kelenjar susu b. Bernapas dengan paru-paru c. Berdarah dingin d. Berkembang biak dengan cara vivipar Jawaban: c. Berdarah dingin Pembahasan: Mamalia adalah hewan yang berdarah panas atau endotermik.
  6. Hewan yang termasuk dalam kelompok Amphibia adalah: a. Kadal b. Katak c. Ular d. Cicak Jawaban: b. Katak Pembahasan: Amphibia adalah hewan vertebrata yang hidup di darat dan air, seperti katak dan salamander.
  7. Hewan yang termasuk dalam kelompok Pisces adalah: a. Katak b. Lumba-lumba c. Ular d. Ikan Jawaban: d. Ikan Pembahasan: Pisces merupakan kelas hewan vertebrata yang terdiri dari ikan.
  8. Hewan yang tidak memiliki tulang atau kerangka internal disebut sebagai: a. Vertebrata b. Invertebrata c. Protozoa d. Porifera Jawaban: d. Porifera Pembahasan: Porifera adalah kelompok hewan yang tidak memiliki kerangka internal, seperti spons.
  9. Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut sebagai: a. Ovovivipar b. Vivipar c. Ovipar d. Metamorfosis Jawaban: c. Ovipar Pembahasan: Hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur.
  10. Proses perubahan bentuk tubuh dari larva menjadi dewasa pada serangga disebut sebagai: a. Metamorfosis b. Regenerasi c. Pupasi d. Ekskresi Jawaban: a. Metamorfosis Pembahasan: Metamorfosis adalah proses perubahan bentuk tubuh serangga dari larva menjadi dewasa.
  11. Hewan yang termasuk dalam kelompok Echinodermata memiliki ciri-ciri, kecuali: a. Tubuh simetris radial b. Tubuh dilapisi oleh kulit bertulang c. Umumnya hidup di laut d. Tidak memiliki sistem pencernaan Jawaban: d. Tidak memiliki sistem pencernaan Pembahasan: Hewan Echinodermata memiliki sistem pencernaan.
  12. Hewan yang memiliki tubuh bersegmentasi dan cangkang keras disebut sebagai: a. Arthropoda b. Mollusca c. Echinodermata d. Annelida Jawaban: d. Annelida Pembahasan: Annelida adalah kelompok hewan yang memiliki tubuh bersegmentasi, seperti cacing.
  13. Hewan yang mengalami proses perubahan bentuk sempurna (complete metamorphosis) adalah: a. Kupu-kupu b. Kecoak c. Belalang d. Semut Jawaban: a. Kupu-kupu Pembahasan: Kupu-kupu mengalami proses metamorfosis lengkap, yaitu dari telur, larva, pupa, hingga dewasa.
  14. Hewan yang tidak memiliki sistem pencernaan dan merupakan organisme parasit adalah: a. Cacing pipih b. Cacing gelang c. Echinococcus d. Taenia Jawaban: c. Echinococcus Pembahasan: Echinococcus merupakan organisme parasit yang tidak memiliki sistem pencernaan.
  15. Kepiting, udang, dan lobster termasuk dalam kelas hewan: a. Mollusca b. Arthropoda c. Cnidaria d. Echinodermata Jawaban: b. Arthropoda Pembahasan: Kepiting, udang, dan lobster termasuk dalam kelas Arthropoda.
  16. Katak merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara: a. Vivipar b. Ovovivipar c. Ovipar d. Metamorfosis Jawaban: c. Ovipar Pembahasan: Katak berkembang biak dengan meletakkan telur di air.
  17. Hewan yang memiliki ciri-ciri, seperti tidak memiliki mulut, tidak memiliki pencernaan, dan memiliki banyak pori-pori kecil disebut sebagai: a. Arthropoda b. Porifera c. Cnidaria d. Platyhelminthes Jawaban: b. Porifera Pembahasan: Porifera adalah kelompok hewan yang memiliki ciri-ciri tersebut.
  18. Hewan yang memiliki alat penglihatan yang sangat baik dan tubuh berbentuk cincin adalah: a. Belalang b. Ulat c. Laba-laba d. Cacing Jawaban: c. Laba-laba Pembahasan: Laba-laba memiliki alat penglihatan yang baik dan tubuh berbentuk cincin.
  19. Hewan yang termasuk dalam kelompok herbivora adalah: a. Singa b. Harimau c. Gajah d. Serigala Jawaban: c. Gajah Pembahasan: Gajah adalah hewan herbivora yang memakan tumbuhan.
  20. Cacing pipih merupakan contoh hewan: a. Cnidaria b. Platyhelminthes c. Annelida d. Arthropoda Jawaban: b. Platyhelminthes Pembahasan: Cacing pipih termasuk dalam filum Platyhelminthes.
  21. Hewan yang memiliki ekor dan tubuh dilapisi oleh sisik adalah: a. Kadal b. Katak c. Ular d. Kura-kura Jawaban: a. Kadal Pembahasan: Kadal memiliki ciri-ciri tersebut.
  22. Pada hewan amphibia, pertukaran oksigen dan karbon dioksida terutama melalui: a. Kulit b. Paru-paru c. Insang d. Usus Jawaban: a. Kulit Pembahasan: Amphibia dapat melakukan pertukaran gas melalui kulit.
  23. Bagian tubuh serangga yang digunakan untuk mengunyah makanan adalah: a. Mandibula b. Maxilla c. Labium d. Palpus Jawaban: a. Mandibula Pembahasan: Mandibula adalah bagian serangga yang digunakan untuk mengunyah makanan.
  24. Belalang memiliki kemampuan melompat yang baik berkat adanya bagian tubuh yang disebut sebagai: a. Kaki b. Sayap c. Antena d. Otot Jawaban: a. Kaki Pembahasan: Belalang melompat menggunakan kaki.
  25. Kepiting, udang, dan lobster termasuk dalam kelas hewan yang bernapas dengan menggunakan: a. Paru-paru b. Kulit c. Insang d. Trakea Jawaban: c. Insang Pembahasan: Kepiting, udang, dan lobster bernapas menggunakan insang.
  26. Bagian tubuh serangga yang digunakan untuk merasakan makanan atau lingkungan sekitar disebut sebagai: a. Mandibula b. Maxilla c. Labium d. Antena Jawaban: d. Antena Pembahasan: Antena adalah organ serangga yang digunakan untuk merasakan makanan atau lingkungan sekitar.
  27. Hewan yang hidup di dua habitat berbeda, darat dan air, disebut sebagai: a. Ovovivipar b. Vivipar c. Ovipar d. Amphibia Jawaban: d. Amphibia Pembahasan: Amphibia adalah hewan yang hidup di dua habitat, darat dan air.
  28. Hewan yang termasuk dalam kelompok Insecta adalah: a. Laba-laba b. Lebah c. Kepiting d. Belut Jawaban: b. Lebah Pembahasan: Insecta merupakan kelas hewan yang terdiri dari serangga.
  29. Selain sebagai organ pernapasan, insang pada ikan juga berperan sebagai: a. Alat gerak b. Alat penglihatan c. Alat pendengaran d. Alat pencernaan Jawaban: a. Alat gerak Pembahasan: Insang pada ikan berperan sebagai organ pernapasan dan alat gerak.
  30. Sistem pernapasan yang dimiliki oleh ikan disebut sebagai: a. Trakea b. Paru-paru c. Insang d. Kulit Jawaban: c. Insang Pembahasan: Ikan bernapas melalui insang.
  31. Hewan yang termasuk dalam kelompok Mamalia memiliki ciri-ciri, kecuali: a. Memiliki kelenjar susu b. Berdarah dingin c. Berkembang biak dengan cara vivipar d. Bernapas dengan paru-paru Jawaban: b. Berdarah dingin Pembahasan: Mamalia adalah hewan berdarah panas atau endotermik.
  32. Hewan yang memiliki sayap dan bulu pada tubuhnya adalah: a. Ular b. Kura-kura c. Katak d. Burung Jawaban: d. Burung Pembahasan: Burung memiliki sayap dan bulu pada tubuhnya.
  33. Kura-kura termasuk dalam kelompok hewan: a. Mamalia b. Aves c. Amphibia d. Reptilia Jawaban: d. Reptilia Pembahasan: Kura-kura termasuk dalam kelas Reptilia.
  34. Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan anaknya menetas dalam telur disebut sebagai: a. Vivipar b. Ovovivipar c. Ovipar d. Metamorfosis Jawaban: c. Ovipar Pembahasan: Hewan ovipar adalah hewan yang bertelur dan anaknya menetas dalam telur.
  35. Kepiting, udang, dan lobster termasuk dalam subfilum: a. Crustacea b. Arachnida c. Insecta d. Myriapoda Jawaban: a. Crustacea Pembahasan: Kepiting, udang, dan lobster termasuk dalam subfilum Crustacea.
  36. Hewan yang memiliki sistem pencernaan yang kompleks, misalnya dengan adanya usus, hati, dan kandung empedu adalah: a. Protozoa b. Porifera c. Cnidaria d. Mollusca Jawaban: d. Mollusca Pembahasan: Mollusca memiliki sistem pencernaan yang kompleks.
  37. Hewan yang memiliki tubuh berongga dan dapat bergerak dengan cara memompa air melalui rongga tubuhnya adalah: a. Porifera b. Cnidaria c. Echinodermata d. Annelida Jawaban: a. Porifera Pembahasan: Porifera memiliki tubuh berongga dan bergerak dengan cara memompa air.
  38. Pada serangga, cairan yang digunakan untuk menghancurkan makanan disebut sebagai: a. Enzim b. Usus c. Saliva d. Pepsin Jawaban: c. Saliva Pembahasan: Cairan yang digunakan untuk menghancurkan makanan pada serangga disebut saliva.
  39. Hewan yang termasuk dalam kelompok Cnidaria memiliki ciri-ciri, kecuali: a. Tubuh simetris radial b. Dilapisi oleh kulit keras (eksoskeleton) c. Umumnya hidup di laut d. Memiliki sel-sel penghasil sengat (nematosit) Jawaban: b. Dilapisi oleh kulit keras (eksoskeleton) Pembahasan: Cnidaria tidak memiliki eksoskeleton, tetapi tubuhnya dilapisi oleh sel-sel penghasil sengat.
  40. Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan memiliki sisik pada tubuhnya adalah: a. Ikan b. Mamalia c. Aves d. Amphibia Jawaban: c. Aves Pembahasan: Aves adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan memiliki sisik pada tubuhnya.
  41. Hewan yang memiliki eksoskeleton yang keras dan tubuh bersegmentasi adalah: a. Arthropoda b. Mollusca c. Echinodermata d. Annelida Jawaban: a. Arthropoda Pembahasan: Arthropoda memiliki eksoskeleton keras dan tubuh bersegmentasi.
  42. Hewan yang memiliki ciri-ciri, seperti memiliki mulut dan anus, tubuh dilapisi oleh kutikula, serta melakukan pergantian kulit secara periodik adalah: a. Arthropoda b. Nematoda c. Annelida d. Platyhelminthes Jawaban: b. Nematoda Pembahasan: Nematoda memiliki ciri-ciri tersebut.
  43. Hewan yang memiliki dua cangkang dan tubuh lunak yang dilindungi oleh cangkang tersebut adalah: a. Cacing pipih b. Keong c. Kepiting d. Ular Jawaban: b. Keong Pembahasan: Keong memiliki dua cangkang yang melindungi tubuhnya.
  44. Bagian tubuh serangga yang berperan dalam pergerakan adalah: a. Sayap b. Antena c. Abdomen d. Thorax Jawaban: a. Sayap Pembahasan: Sayap adalah bagian tubuh serangga yang berperan dalam pergerakan.
  45. Hewan yang memiliki pembuluh darah terbuka dan sistem peredaran darah terbuka adalah: a. Mamalia b. Aves c. Arthropoda d. Echinodermata Jawaban: c. Arthropoda Pembahasan: Arthropoda memiliki sistem peredaran darah terbuka.
  46. Organisme yang mengalami proses regenerasi adalah: a. Annelida b. Platyhelminthes c. Porifera d. Cnidaria Jawaban: d. Cnidaria Pembahasan: Cnidaria dapat melakukan proses regenerasi.
  47. Hewan yang memiliki ciri-ciri, seperti mempunyai mulut dan anus yang sama, memiliki organ reproduksi, dan tidak memiliki sistem peredaran darah adalah: a. Arthropoda b. Mollusca c. Porifera d. Platyhelminthes Jawaban: c. Porifera Pembahasan: Porifera memiliki ciri-ciri tersebut.
  48. Hewan yang termasuk dalam kelompok Arachnida memiliki ciri-ciri, kecuali: a. Tubuh terdiri dari dua bagian utama b. Bernapas dengan trakea c. Memiliki empat pasang kaki d. Umumnya memiliki sepasang antena Jawaban: d. Umumnya memiliki sepasang antena Pembahasan: Arachnida tidak memiliki antena.
  49. Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan memiliki sisik pada tubuhnya adalah: a. Ikan b. Mamalia c. Aves d. Amphibia Jawaban: c. Aves Pembahasan: Aves berkembang biak dengan cara bertelur dan memiliki sisik pada tubuhnya.
  50. Hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar dan memiliki kelenjar susu adalah: a. Ikan b. Mamalia c. Aves d. Amphibia Jawaban: b. Mamalia Pembahasan: Mamalia berkembang biak dengan cara vivipar dan memiliki kelenjar susu.
  51. Hewan yang memiliki tubuh bersegmentasi dan cangkang keras disebut sebagai: a. Arthropoda b. Mollusca c. Echinodermata d. Annelida Jawaban: d. Annelida Pembahasan: Annelida memiliki tubuh bersegmentasi dan cangkang keras.
  52. Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna memiliki tahapan perkembangan berikut, kecuali: a. Larva b. Nimfa c. Pupa d. Dewasa Jawaban: b. Nimfa Pembahasan: Nimfa adalah tahapan dalam metamorfosis tidak sempurna, bukan metamorfosis sempurna.
  53. Hewan yang memiliki ciri-ciri, seperti mempunyai mulut dan anus yang sama, memiliki organ reproduksi, dan tidak memiliki sistem peredaran darah adalah: a. Arthropoda b. Mollusca c. Porifera d. Platyhelminthes Jawaban: c. Porifera Pembahasan: Porifera memiliki ciri-ciri tersebut.
  54. Katak merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara: a. Vivipar b. Ovovivipar c. Ovipar d. Metamorfosis Jawaban: c. Ovipar Pembahasan: Katak berkembang biak dengan meletakkan telur di air.
  55. Hewan yang memiliki sistem peredaran darah tertutup adalah: a. Arthropoda b. Mollusca c. Echinodermata d. Annelida Jawaban: d. Annelida Pembahasan: Annelida memiliki sistem peredaran darah tertutup.
  56. Kepiting, udang, dan lobster termasuk dalam kelas hewan yang bernapas dengan menggunakan: a. Paru-paru b. Kulit c. Insang d. Trakea Jawaban: c. Insang Pembahasan: Kepiting, udang, dan lobster bernapas menggunakan insang.
  57. Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan memiliki sisik pada tubuhnya adalah: a. Ikan b. Mamalia c. Aves d. Amphibia Jawaban: c. Aves Pembahasan: Aves berkembang biak dengan cara bertelur dan memiliki sisik pada tubuhnya.
  58. Hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar dan memiliki kelenjar susu adalah: a. Ikan b. Mamalia c. Aves d. Amphibia Jawaban: b. Mamalia Pembahasan: Mamalia berkembang biak dengan cara vivipar dan memiliki kelenjar susu.
  59. Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan menetas dalam air adalah: a. Ovovivipar b. Vivipar c. Ovipar d. Metamorfosis Jawaban: c. Ovipar Pembahasan: Hewan ovipar adalah hewan yang bertelur dan menetas dalam air.
  60. Proses perubahan bentuk tubuh dari larva menjadi dewasa pada serangga disebut sebagai: a. Metamorfosis b. Regenerasi c. Pupasi d. Ekskresi Jawaban: a. Metamorfosis Pembahasan: Metamorfosis adalah proses perubahan bentuk tubuh serangga dari larva menjadi dewasa.

Demikianlah 60 soal pilihan ganda tentang Animalia dalam bidang biologi beserta jawaban dan pembahasannya. Semoga bermanfaat (www.nulisku.com)!

1 Likes

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
Nulisku
Get our web app. It won't take up space on your phone.
Install
See this post in...
Nulisku
Chrome
Add Nulisku to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Nulisku shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.
Nulisku We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications